Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan Taksonomi Solo pada materi SPDLV (sistem persamaan linear dua variabel) / Heni Kuswardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan Taksonomi Solo pada materi SPDLV (sistem persamaan linear dua variabel) / Heni Kuswardani

Kuswardani, Heni (2022) Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan Taksonomi Solo pada materi SPDLV (sistem persamaan linear dua variabel) / Heni Kuswardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Belajar matematika pada dasarnya merupakan proses mengembangkan pola pikir yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Pemecahan masalah matematika juga mengacu pada kemampuan siswa saat membaca soal dengan cermat menganalisis informasi yang dicari dan periksa strategi yang sesuai yang akan membantu menemukan solusi. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah juga dapat dilihat dari respons mereka ketika berhadapan dengan masalah matematika. Sejalan dengan hal itu siswa harus memiliki kemampuan atau ketrampilan dalam mengelolanya masalah atau masalah matematika sebagai sarana untuk mengasah cermat logis kritis analitis dan penalaran kreatif. Dalam memahami kemampuan pemecahan masalah siswa bukanlah tugas yang mudah yang bisa dilakukan oleh guru. Sehingga untuk memahami dan mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika diperlukan suatu alat yang mampu mengakses kemampuan berfikir siswa salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir siswa adalah dengan menggunakan Taksonomi SOLO. siklus belajar pada taksonomi SOLO diformulasikan ke dalam lima katergori yaitu prestruktural unistruktural multistruktural relasional dan extended abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Ngunut di Kabupaten Tulungagung pada 32 siswa kelas VIII-A. Selanjutnya dipilih satu subjek pada masing-masing kategori. Hasil dari penelitian berdasarkan kategori taksonomi SOLO menghasilkan tiga katergori yaitu unistruktural multistruktural relasional. Yang dapat ditarik kesimpulan bahwa yang pertama kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level relasional siswa dapat menarik kesimpulan dengan benar secara prosedural. Siswa menggunakan informasi-informasi yang diberikan secara terpisah untuk menyelesaikan soal. Kedua kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level multistruktural siswa masih kurang teliti dan kurang tepat dalam membuat kesimpulan. Ketiga kemampuan pemecahan masalah siswa dengan level unistructural Siswa tidak dapat melakuan perhitungan secara procedural. Siswa tidak dapat menyelesaiakn soal dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263001

Actions (login required)

View Item View Item