Pengaruh pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas II semester I SMUN 5 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Mamik Fitri Hemawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas II semester I SMUN 5 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Mamik Fitri Hemawati

Hermawati, Mamik Fitri (2010) Pengaruh pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas II semester I SMUN 5 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Mamik Fitri Hemawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihanr retodpee mbelajarasna ngamt enentukaknu alitasp embelajaran dalamp rosesb elajarm engajadr i kelas.B erdasarkahna silp errgamatamn ahaslswa PPL k ebanyakapne mbelajaradni SMU khususnyaS MUN 5 Malang p arag uru biologim asihl ebihm ementingkahna bisnyata rgetm aterip elajarand aripadab erusaha menerapkamn etodey angm engaktifkans iswad alamp rosesb elajarm engajarH. al ini mengakibatkapnr estasbi elajars iswar endahU. ntuk itu perlud iterapkanm etode pembelajarayna ngm enekankakne terlibatans iswas ecaraa ktif I al ini sesuadi engan kurikulumb erbasisk onstruktivistiky angm enekankabna hwap engetahuan dikonstruksoi lehs iswas endirib erdasarkapne ngetahuaanw alm elaluii nteraksi denganb enda-bendkao nkretd ani nteraksis osial.M odel siklrrsb elajarm erupakan salahs atuc ontohp embelajarabne rbasisk onstruklivistikP. embelajarabne rbasis konstruktivistdike nganrn odesl iklusb elajart erdapatti gat ahapp cmbclajarayna itu (1) tahape ksploras(i 2 ) tahapp engenalakno nsep d an( 3) tahapp enerapakno nsep. Untukm elaksanakannyfpar u merencanakasnk enariop embelalaramn odels iklus belajarb erbasisk onstruktivistikte rsebumt elaluik egiatanc erarnaht a nyal awab demonstraspi e rcobaand a nd iskusi. Tujuanp enelitianin i adalahu ntukm engetahuai dat idaknyap erbedaan prestasbi elajarb iologi antaras isway angd iajarm enggunakamn ociesl iklusb elajar dengans isway angd iajard enganm odelp embelajarayna ngd idominasoi lehm etode ceramahy a itup adas ubp okokb ahasasni stems irkulaspi adam anusia. Penelitianin i merupakajne nis penelitiane ksperimentasie mu.R ancangan yan- digunakand alamp enelitianin i adalahp re-tesdt anp ost-testP. emilihan kelompokti dakd iacak t etapim emakait eknikp urposives ampling( samplingd engan tujuan).A dapunp rosedupr enelitiany angd ilakukanm elaluil angkah-langkashe bagai berikutt a happ ersiapanp e laksanaadna nt ahapa khirp embelalaradne ngan memberikapno st-tesut ntukm endapatkadna tap restasbi elajarb iologi.T cknik analisisd atay angd igunakaand alahd enganm enggunakaUnj i-ANAKOVA k arena datap re-tesitk ut mempengaruhvia riabelt erikat t erlihatd ari hasil uji bahwac or/anan pre-tesmt empunyasii gnifikansdi i bawah0 05.S elaind ilakukana nalisisd enganu 1i anakova jugdail akukana naiisiss ecarad eskriptifS. ebelumd ilakukanu ji tersebut terlebihd ahulud ilakukanu ji persyarataann alisism eliputiu ji homogcnitadsa nu ji normalitasD.a rih asilu ji persyarataann alisisy angd ilakukand idapatkabna hwak elas yangd igunakaand alahk elasy angh omogend and atat erdistribusnio rmal. Hasilp enelitianm enunjukkabna hwat idaka dap erbedaapnr estasbi elajar biologai ntaras iswak elask ontroly angd iajard enganm odelp ernbelajarayna ng didominasoil ehm etodec eramahd ans iswak elase ksperimcyna ngd iaiard engan menggunakamno dels iklusb elajarH. al ini dapatd iketahudt arih asila nalisisb ahwa Fhitu n2 e 2 (r F ot (s rz ()r zz )r qzrqd e ngann ilai sigrrifikansinysae besa0r 10 3 0 05 Pembelajarmano dels iklusb elajarb erbasikso nstruktivistitkid akb erpengaruh terhadappr estasbie laiarb iologis iswak elasI l semesleIr S MLIN5 Malarrg. Walaupudne mikianp embelajararn odesl iklusb elajary angd iterapkapna das iswa kelase ksperimedna patm eningkatkapnr estasbi elajarb iologil ebiht inggid aripada kelask ontrolH. ali ni dapadt ilihatd arip erolchasnk ors iswak clasc kspcrimcyna ng tergolonbga iky aitua ntara8 0-89a dal 3 siswal ebihb anyakd ibandingkakne las kontroyl angh anyaa da1 0s iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item View Item