Teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas X semester 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Raup Padillah

Padillah, Raup (2012) Teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas X semester 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Raup Padillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, VCD Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, SMK Kelas X. Pembelajaran TIK diarahkan untuk meningkatan kemampuan siswa dalam menguasai materi dan menggunakan perangkan multimedia TIK dengan baik dan benar, baik secara teori maupun praktek. Di Sekolah MenengahKejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Singosari Malang, proses pembelajaran TIK sudah menggunakan laboratorium TIK sebagai sarana pembelajaran, akan tetapi penggunaannya masih kurang maksimal. Kendala yang utama dalam pembelajaran TIK, guru mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi yang berkaitan dengan pembelajaran teknik pengambilan gambar produksi VCD, sehingga para murid merasa kesulitan dalam memahami materi dan mempraktekkan materi menggunakan kamera video. Kompetensi yang menjadi permasalahan selama ini yaitu kompetensi teknik penggunaan kamera video, hal ini dikarenakan kurangnya contoh peragaan dari materi, keterbatasan media kamera video, yang menyebabkan siswa kurang mampu memahami materi serta mempraktekkan materi menggunakan kamera video. Untuk menampilkan contoh peragaan teknik menggunakan kamera video memerlukan media yang mampu menampilkan audio visual sehingga siswa mampu mempraktekkan materi teknik menggunakan kamera video melalui contoh yang mereka lihat. Melihat hal ini, penulis memberikan alternatif pemecahan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran TIK materi Teknik Pengambilan Gambar Produksi VCD menggunakan media VCD Pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media VCD Pembelajaran ini adalah menghasilkan media VCD pembelajaran TIK yang dapat digunakan oleh guru dan siswa kelas X sebagai pembelajaran di kelas, sehingga siswa mampu menerapkan teknik pengambilan gambar produksi film menggunakan kamera video setelah menerima materi melalui media VCD pembelajaran dan diharapkan dapat memecahkan masalah pembelajaran terkait dengan kesulitan guru dalam menjelaskann materi Penerapan Teknik Pengambilan Gambar Produksi VCD. Pengembangan media VCD Pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman terdiri dari Sembilan langkah, yaitu (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) penulisan naskah media, (6) produksi, (7) validasi yang terdiri dari validasi ahli media, ahli materi, dan audiens, (8) revisi, dan (9) media siap digunakan. Hasil pengembangan media VCD pembelajaran teknik pengambilan gambar produksi VCD TIK untuk Siswa Kelas X Semester 1 di Sekolah Menengah Kejuruan 3 Singosari Malang ini menggunakan data dari validasi ahli media, ahli materi, dan audiens. Berdasarkan data dari validasi diperoleh hasil sebagai berikut: (a) ahli media menyatakan media ini valid dengan total persentase 93%, (b) ahli materi menyatakan media ini valid dengan total persentase 86,7%, (c) pada ujicoba perseorangan dinyatakan media ini valid dengan total persentase 90,9%, (d) pada ujicoba kelompok kecil dinyatakan media ini valid dengan total persentase 85,7%, (e) pada ujicoba lapangan total persentase 85,7% dengan demikian dinyatakan media ini valid sesuai dengan kriteria interpretasi keberhasilan (Sudjana, 1990: 45). Untuk hasil belajar siswa sebelum menggunakan media(pre test) dan sesudah menggunakan media (post test) dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa adalah 51,25%. Sedangkan untuk tes praktek, siswa dengan kriteria baik sekali sebanyak 17 siswa, untuk kriteria baik sebanyak 11 siswa, dan kriteria cukup sebanyak 4 siswa. Berdasarkan hasil dari validasi dapat disimpulkan bahwa media VCD Pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Produksi VCD ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk kelas X semester 1. Produk pengembangan ini dapat digunakan guru TIK Kelas X dalam memberikan materi (1) teknik pencahayaan pada saat pengambilan gambar, (2) durasi perekaman dan sudut pengambilan gambar, (3) komposisi gambar. Peran guru juga dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lengkap tentang materi diatas, agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik, sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai dengan maksimal. Untuk keperluan pengembangan lebih lanjut, peneliti memiliki beberapa saran sebagai berikut: Peneliti hanya sebatas mengembangkan media VCD Pembelajaran teknik pengambilan gambar produksi yang hanya mencakup teknik penggunaan kamera video, diharapkan adanya pengembangan yang mencakup proses rendering dan proses editing video, Mengembangkan produk VCD pembelajaran teknik pengambilan gambar produksi TIK untuk Siswa Kelas X semester 1. Untuk keperluan pemanfaatan, peneliti memiliki beberapa saran sebagai berikut: Peran guru dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lengkap tentang materi di dalam VCD Pembelajaran, Guru perlu mendampingi siswa ketika memutar VCD pembelajaran ini, agar siswa lebih memahami isi dari materi, Guru perlu mengadakan tes praktek setelah penayangan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item