Atsara, Nudiya Ilma (2022) Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah himpunan ditinjau dari tipe kepribadian / Nudiya Ilma Atsara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Representasi adalah proses mengkomunikasikan ide-ide matematika yang terdapat dalam pikiran seseorang dalam upaya untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapinya. Representasi terbagi menjadi tiga yaitu representasi visual representasi simbolik dan representasi verbal. Ketepatan konstruksi pada representasi matematis akan memudahkan siswa ketika mereka melakukan pemecahan masalah. Siswa dapat mecapai keberhasilannya dalam memecahkan masalah matematis dipengaruhi oleh tahapan yang gunakan siswa. Tahapan pemecahan masalah menurut Polya meliputi (1) Memahami masalah (understanding the problem) (2) Menyusun rencana (devising a plan) (3) Melaksanakan rencana (carrying out the plan) dan (4) Melihat kembali (looking back). Selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi siswa dalam memecahkan masalah yaitu berhubungan dengan kepribadiannya Perbedaan kepribadian seseorang yang mengakibatkan mereka melakukan pemecahan masalah menggunakan pendekatan dan pengambilan keputusan dengan cara yang berbeda. Penelitian ini berfokus pada tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi matematis siswa dengan kepribadian ekstrovert dalam pemecahan masalah himpunan dan mendeskripsikan representasi matematis siswa dengan kepribadian introvert dalam pemecahan masalah himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah representasi matematis siswa dengan kepribadian ekstrovert dalam pemecahan masalah himpunan dan representasi matematis siswa dengan kepribadian introvert dalam pemecahan masalah himpunan. Siswa penelitian ini diambil dari siswa kelas VII SMP An-Nur Bululawang yang berjumlah 29 siswa. Beberapa tahapan pemilihan siswa yaitu dilihat dari hasil tes pemecahan masalah untuk melihat representasi matematis yang dimunculkan siswa dan tes kepribadian digunakan untuk mengkantegorikan siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert. Kriteria pemilihan subjek berdasarkan hasil tes tipe kepribadian dengan skor kecenderungan ekstrovert dan introvert. Kemudian melihat hasil pengerjaan tes pemecahan masalah yang memunculkan representasi terbanyak dari tiga subjek pada masing-masing tipe kepribadian. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu lembar tes yang terdiri dari tes kepribadian dan tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam memahami masalah dan menyusun rencana cenderung menggunakan representasi verbal. Pada tahap melaksanakan rencana siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert cenderung menggunakan representasi simbolik dan representasi verbal sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert cenderung menggunakan representasi visual representasi simbolik dan representasi verbal. Pada tahap melihat kembali siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert cenderung menggunakan representasi verbal namun siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert cenderung tidak dapat membuat kesimpulan dengan tepat tepat dan dan tidak memeriksa kembali jawabannya sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert cenderung menggunakan representasi verbal cenderung membuat kesimpulan dari masalah yang diberikan dengan tepat dan cenderung memeriksa kembali jawabannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |