Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan gaya kognitif pada materi spldv / Siti Nur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan gaya kognitif pada materi spldv / Siti Nur Rohmah

Rohmah, Siti Nur (2022) Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan gaya kognitif pada materi spldv / Siti Nur Rohmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasi merupakan perwujudan dari segala sesuatu hasil proses berpikir siswa. Penggunaan representasi ini sangat disarankan karena dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pemecahan masalah sehingga siswa perlu menggunakan representasi yang tepat untuk memecahkan suatu masalah. Representasi yang digunakan dalam pemecahan masalah matematika dapat dipengaruhi beberapa faktor contohnya adalah gaya kognitif. Gaya kognitif merupakan cara siswa untuk menangkap data mengolah informasi dan melaksanakan informasi dalam tindakan atau reaksi pada saat proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan secara konsisten. Penelitian ini berfokus pada gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan representasi matematis dalam pemecahan masalah siswa berdasarkan gaya kognitif pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP An-Nur Bululawang. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-KI4. Pemilihan subjek berpedoman pada tipe gaya kognitif dengan menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT). Kemudian diambil tiga siswa dengan kecendurungan dari masing-masing tipe gaya kognitif (FD dan FI) dan komunikasi yang baik. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes GEFT hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara kepada subjek yang terpilih. Selanjutnya dilakukan analisis data melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa field dependent (FD) cenderung menggunakan representasi verbal dan simbolik dalam menyelesaikan masalah. Sementara itu siswa field independent (FI) cenderung menggunakan representasi verbal visual dan simbolik dalam menyelesaikan masalah. Berikut representasi dalam pemecahan masalah pada siswa FD dan FI (1) Tahap memahami masalah siswa FD dan FI menggunakan representasi verbal (2) Tahap menyusun rencana siswa FD dan FI menggunakan representasi simbolik dan verbal. Namun siswa FD kurang tepat dalam menggunakan representasi simbolik (3) Tahap melaksanakan rencana siswa FD dan FI menggunakan representasi yang berbeda siswa FD menggunakan representasi verbal dan simbolik. Sedangkan siswa FI menggunakan representasi simbolik verbal dan visual (4) Tahap melihat kembali siswa FD tidak memeriksa kembali jawabannya. Sedangkan siswa FI memeriksa kembali jawabannya menggunakan representasi verbal dan simbolik. Berdasarkan paparan hasil penelitian siswa field dependent masih kurang tepat dalam menggunakan representasi simbolik sehingga guru perlu memberikan latihan-latihan yang membantu siswa dalam menggunakan representasi simbolik dengan tepat. Guru sebelum melakukan pembelajaran juga dapat menggunakan tes kognitif. Sehingga dapat memberikan model pembelajaran yang tepat kepada siswanya baik siswa yang bergaya kognitif field dependent maupun field independent.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262998

Actions (login required)

View Item View Item