Profil kemampuan penyelesaian masalah siswa smp pada materi himpunan ditinjau dari adversity quotient (aq). / Rachmad Abubakar Lamowa - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan penyelesaian masalah siswa smp pada materi himpunan ditinjau dari adversity quotient (aq). / Rachmad Abubakar Lamowa

Lamowa, Rachmad Abubakar (2022) Profil kemampuan penyelesaian masalah siswa smp pada materi himpunan ditinjau dari adversity quotient (aq). / Rachmad Abubakar Lamowa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Polya mengartikan pemecahan masalah sebagai sebuah usaha dalam mencari jalan keluar dari suatu kesulitan. Kesulitan itu sendiri juga dapat diatasi dengan menggunakan potensi yang ada dalam diri. Kemampuan menggunakan potensi inilah yang biasa dikenal dengan Adversity Quotient (AQ). Stoltz mengelompokan AQ kedalam tiga tingkatan yaitu AQ tinggi (climbers) AQ sedang (campers) dan AQ rendah (quitters). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Subjek pada penelitian ini adalah siswa MTs Satu Atap Al-Hidayah yang beralamat di Jl. Pattimura Gg. VI No. 300 Gelonggong Temas Kota Batu sejumlah 18 siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan prosedur (1) siswa dikelompokkan berdasarkan jenis AQ dari hasil angket ARP yang diberikan (2) siswa kemudian diberikan tes untuk melihat kemampuan penyelesaian masalahnya (3) siswa diwawancarai untuk menggali informasi mengenai pemahamannya terhadap permasalahan yang diberikan. Data kemudian dianalisis dengan prosedur (1) mengelompokkan hasil kerja siswa berdasarkan tipe AQ (2) memilih hasil kerja siswa yang paling tepat dari setiap jenis AQ (3) melakukan wawancara pada siswa yang menjawab benar (4) menarasikan hasil tes dan hasil wawancara pada bab 4 untuk menjawab rumusan masalah. Terdapat 2 jenis AQ yang teridentifikasi yaitu jenis AQ tinggi dan AQ peralihan kemudian dipilih 3 siswa untuk dianalisis hasil kerjanya yaitu 1 siswa dengan AQ timggi dan 2 siswa dengan AQ peralihan berikut paparan hasilnya (1) Siswa dengan tingkatan AQ tinggi (Climber) mampu mengidentifikasi permasalahan dengan menuliskan kembali informasi yang diperoleh dengan bahasa sendiri dan memaparkan semua informasi yang ada pada soal dengan akurat dan lengkap. Pada tahap menyusun rencana siswa climber dapat menunjukan hubungan antara pemahaman dan perencanaan dengan baik sehingga lebih terarah dan efektif. Melakukan rencana dengan langkah-langkah yang sistematis tepat dan singkat. Melakukan pemeriksaan kembali dengan menganalisis jawabannya untuk menarik kesimpulan dengan sangat baik dan memaksimalkan kerja keras serta pengetahuannya (2) Siswa dengan tingkatan AQ peralihan yaitu tingkatan AQ sedang ke tinggi (camper menuju climber) mampu memahami permasalahan dengan dengan baik namun masih terdapat perbedaan kelengkapan jawaban pada hasil pekerjaan mereka. Siswa camper ke climber melakukan perencanaan dengan sangat sistematis dan hasilnya juga berguna untuk langkah penyelesaian selanjutnya. Pada aspek melakukan perencanaan subjek camper ke climber melakukan perencanaan dengan menggambarkan diagram venn secara tepat dan sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan mereka masing-masing. Pada aspek memeriksa kembali penyelesaian subjek camper ke climber melakukan pemeriksaan kembali dengan baik walaupun masih ada beberapa langkah yang belum dilakukan dengan maksimal yaitu belum menghasilkan indikasi bahwa mereka bisa menemukan alternatif jawaban lain menghasilkan sebuah kesimpulan biasa yang merupakan jawaban dari persoalan tidak sampai pada menemukan alternatif jawaban lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262995

Actions (login required)

View Item View Item