Analisis folding back terkait representasi matematis siswa pada level observing dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus / Annafi Awantagusnik - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis folding back terkait representasi matematis siswa pada level observing dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus / Annafi Awantagusnik

Awantagusnik, Annaf (2021) Analisis folding back terkait representasi matematis siswa pada level observing dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus / Annafi Awantagusnik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori pertumbuhan pemahaman seringkali mengartikan pemahaman sebagai suatu proses yang terus naik. Namun tidak semua teori menyatakan hal tersebut terdapat teori pemahaman yang mengartikan pemahaman sebagai suatu proses pertumbuhan yang utuh dinamis berlapis namun tidak linear dan berlangsung terus-menerus. Teori atau model pemahaman ini menyatakan bahwa pemahaman terdiri dari delapan level atau lapisan pemahaman dimana urutan level dari yang terendah yaitu primitive knowing image making image having property noticing formalising observing structuring dan inventising. Untuk memahami atau menyelesaikan permasalahan seseorang tidak harus selalu melangkah maju ke level pemahaman selanjutnya namun bisa kembali ke level pemahaman sebelumnya. Hal inilah yang disebut folding back. Folding back ditujukan untuk memperluas pemahaman pada lapisan yang lebih dalam sehingga pemahaman tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada lapisan lebih luar. Folding back bisa berhubungan dengan representasi matematis yakni representasi verbal visual maupun simbolik.Tujuan dari penelitian ini adalah unuk mendeskripsikan folding back siswa yang SMP Negeri 6 Malang Kelas IX yang berkaitan dengan representasi matematis pada level observing dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri lembar soal dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan di kelas IX SMP Negeri 6 Malang pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021 dengan melibatkan 34 siswa. Siswa digolongkan menjadi 3 kelompok berdasarkan kebenaran sub-soal yang dikerjakan. Dari 3 kelompok siswa dipilih 2 siswa dari masing-masing kelompok untuk diwawancarai secara singkat untuk mengetahui apakah mereka melakukan folding back atau tidak. Siswa yang melakukan folding back dijadikan subjek penelitian dan diwawancarai lebih dalam mengenai folding back terkait representasi matematis yang dilakukan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan folding back yang dilakukan oleh siswa berkaitan dengan berbagai representasi. Hal ini ditunjukkan oleh siswa-siswa yang melakukan folding back terkait representasi matematis yang berbeda pada masing-masing langkah penyelesaian Polya. Pada langkah memahami masalah semua subjek tidak melakukan aktivitas folding back. Mereka berhasil memahami permasalahan dalam soal tanpa kembali ke level pemahaman yang sebelumnya. Mereka langsung berada pada level pemahaman image having (ih) pada langkah memahami masalah. Pada langkah membuat dan melaksanakan rencana siswa melakukan folding back terkait representasi visual simbolik atau verbal yang mana masing-masing siswa melakukan folding back yang berbeda beda. Pada langkah melihat ulang ditemukan siswa yang tidak melakukan folding back dan yang melakukan folding back terkait dengan tiga jenis representasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262994

Actions (login required)

View Item View Item