Analisis kesulitan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial menurut teori polya ditinjau dari adversity quotient (aq) / Antonius Bruno - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial menurut teori polya ditinjau dari adversity quotient (aq) / Antonius Bruno

Bruno, Antonius (2022) Analisis kesulitan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial menurut teori polya ditinjau dari adversity quotient (aq) / Antonius Bruno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika dan dapat diwujudkan dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi siswa Quitter Camper dan Climber dalam memecahkan masalah pada materi aritmatika sosial menurut teori analisis polya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain pendekatan studi kasus. Penelitian ini juga menggunakan instrumen utamanya adalah peneliti sendiri serta instrumen pendukungnya yaitu angket instrumen tes pemecahan masalah dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa/i SMPK Frater Maumere kelas VIII A yang diambil 6 subyek (2 orang siswa Climber 2 orang siswa Camper dan 2 orang siswa Quitter) berdasarkan hasil data angket Adversity Response Profile (ARP). Hasil dalam penelitian ini yaitu siswa quitter dalam memecahkan masalah aritmatika sosial hanya mampu mengerjakan langkah memahami masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah yang diberikan secara baik dan benar. Namun untuk langkah membuat rencana atau strategi penyelesaian melakukan penyelesaian serta memeriksa kembali hasil siswa quitter belum mampu untuk menyelesaikan. Hal tersebut dikarenakan siswa quitter dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial mengalami kesulitan dalam memahami dan mengungkapkan konsep memvisualisasikan masalah serta mengimplementasikan keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Siswa camper dalam memecahkan masalah aritmatika sosial hanya mampu mengerjakan langkah memahami masalah serta membuat rencana penyelesaian. Pada langkah tersebut siswa camper memulai dengan menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta membuat strategi penyelesaian dengan membuat kalimat pemisalan pada masalah yang diberikan secara baik dan benar. Namun untuk langkah melakukan penyelesaian dan memeriksa kembali hasil siswa camper belum mampu untuk menyelesaikan. Hal tersebut dikarenakan siswa camper dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial mengalami kesulitan dalam memahami konsep serta kesulitan dalam mengimplementasikan keterampilan pemecahan masalah. Siswa climber dalam memecahkan masalah aritmatika sosial hanya mampu mengerjakan langkah memahami masalah membuat rencana penyelesaian serta melakukan penyelesaian. Pada langkah tersebut siswa climber memulai dengan menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan kemudian membuat strategi penyelesaian dengan membuat kalimat pemisalan pada masalah yang diberikan secara baik dan benar serta melakukan penyelesaian dengan membuat bentuk model matematika dan mengoperasikan secara benar sesuai aturan pengoperasian. Namun untuk langkah memeriksa kembali hasil masih terdapat siswa climber yang belum mampu untuk memeriksa kembali hasil yang diperoleh tersebut. Hal tersebut dikarenakan siswa climber dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan jawaban dengan masalah yang diketahui serta kesulitan membuat sebuah konsep untuk membuktikan hasil yang diperoleh. Selain itu peneliti juga menyarankan kepada guru matematika agar dalam melakukan proses pembelajaran perlu diketahui AQ yang dimiliki masing-masing siswa sehingga dengan demikian guru dapat mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Selain itu guru juga perlu mempelajari cara memperbaiki AQ siswa khususnya siswa yang masih tergolong AQ rendah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262992

Actions (login required)

View Item View Item