Profil kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal open-ended berdasarkan self-confidence siswa / Nilta Ilmiyatur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal open-ended berdasarkan self-confidence siswa / Nilta Ilmiyatur Rosidah

Rosidah, Nilta Ilmiyatur (2022) Profil kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal open-ended berdasarkan self-confidence siswa / Nilta Ilmiyatur Rosidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosidah Nilta Ilmiyatur. 2022. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Soal Open-Ended Berdasarkan Self-Confidence Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta M.Si. (2) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Kemampuan Pemecahan Masalah Open-ended Self-confidence Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi bagian utama dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal menggunakan strategi penyelesaian terbaik guna mendapatkan solusi penyelesaian yang tepat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah self confidence. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas IX Mts. Al-Islah masih belum optimal. Siswa masih belum mampu menyelesaikan masalah dengan baik hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa ketika diminta guru untuk menjelaskan hasil pekerjaanya di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal open-ended berdasarkan self-confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2021 di Mts. Al-Islah Citrodiwangsan Lumajang. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas IX. Peneliti memberikan angket kepada 24 siswa kemudian dipilih 6 siswa dengan kategori self-confidence tinggi sedang dan rendah dan diberikan soal open-ended untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematisnya. . Dari kelas tersebut kemudian dipilih enam siswa dari masing-masing kelompok self confidence untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket tes dan wawancara. Dari hasil penelitian self-confidence siswa terbagi menjadi tiga kelompok yaitu tinggi sedang dan rendah. Siswa dengan self-confidence tinggi mampu memecahan masalah open-ended menggunakan empat langkah penyelesaian Polya mampu membuat jawaban yang bervariasi dan mampu menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian berbeda. Siswa dengan self-confidence sedang mampu memecahan masalah open-ended menggunakan tiga langkah penyelesaian Polya belum mampu membuat jawaban yang bervariasi tetapi mampu menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian berbeda. Sedangkan siswa dengan self-confidence rendah hanya mampu memecahan masalah open-ended yang disajikan dengan memenuhi dua langkah penyelesaian Polya dan belum mampu membuat jawaban yang bervariasi selain itu siswa hanya mampu menggunakan satu strategi penyelesaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262990

Actions (login required)

View Item View Item