Kemampuan berpikir aljabar siswa sma negeri 1 bojonegoro dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak / SOFIA ASHAR - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir aljabar siswa sma negeri 1 bojonegoro dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak / SOFIA ASHAR

Ashar, Sofia (2021) Kemampuan berpikir aljabar siswa sma negeri 1 bojonegoro dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak / SOFIA ASHAR. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir sangat penting dimiliki oleh peserta didik. Kurikulum di Indonesia yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran hal tersebut dikarenakan oleh tuntutan dunia masa depan di mana peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar. Nilai mutlak merupakan salah satu materi pada matematika yang sangat berkaitan dengan aljabar. Pada materi nilai mutlak terdapat banyak sekali konsep oleh karena itu siswa masih kesulitan pada saat memahami konsep yang ada serta kesulitan dalam mengerjakan soal nilai mutlak. Berdasarkan fakta yang ada diketahui bahwa siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro masih kesulitan dalam mengerjakan soal materi nilai mutlak. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro dalam menyelesaikan soal matematika materi nilai mutlak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Bojonegoro. Berdasarkan ulangan harian nilai mutlak calon subjek digolongkan menjadi 3 kategori kemampuan yaitu kemampuan berpikir tinggi sedang dan rendah. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal tes. Setelah ditentukan subjeknya peneliti melakukan wawancara terhadap semua subjek dengan instrumen wawancara. Jawaban soal tes subjek yang telah dipilih dianalisis menggunakan proses analisis data yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data pemaparan dan penegasan kesimpulan. Kemudian peneliti melihat kemampuan berpikir aljabar dari subjek berdasarkan indikator-indikator pada 3 aktivitas yaitu aktivitas generalization transformational level-meta global. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil yaitu siswa dengan kategori berkemampuan tinggi dapat membuat model matematika dengan benar membuat ekspresi yang berbeda dari model yang telah dibuat serta dapat menyelesaikan soal dengan benar. Siswa dengan kategori berkemampuan sedang mampu membuat model matematika dengan benar dan mampu membuat ekspresi yang berbeda dari model yang telah dibuat. Siswa dengan kategori rendah dapat membuat ekspresi yang berbeda dari model yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262988

Actions (login required)

View Item View Item