Kartikasari, Desy (2021) Pengembangan e-modul animatif pada materi persamaan garis / Desy Kartikasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kartikasari Desy.2021.Pengembangan E-Modul Animatif pada Materi Persamaan Garis. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abd. Qohar M.T. (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci pengembangan e-modul animatif persamaan garis Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan menghasilkan pengembangan e-modul animatif yang valid praktis dan efektif pada materi persamaan garis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang matematika. Penelitin ini menggunakan metode (Research and Development/ R amp D) dengan model yang digunakan adalah Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi (ADDIE). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berupa e-modul animatif materi persamaan garis untuk siswa kelas 8 SMP. Tahapan penelitian pengembangan pada model ADDIE yaitu (1) Analisis (Analysis) (2) Desain/perancangan (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi/eksekusi (Implementation) dan (5) Evaluasi/umpan balik (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Plandaan Jombang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi lembar observasi angket respon siswa dan tes evaluasi siswa. Data kevalidan diperoleh dari hasil penilaian oleh validator data kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa dan data kepraktisan diperoleh dari nilai tes evaluasi siswa yang dilaksanakan setelah penggunaan e-modul. Pengembangan e-modul animatif yang telah dikembangkan menggunakan analisis kualitatif deskriptif berdasarkan hasil interpretasi kriteria penilaian yang ditentukan. Hasil pengembangan menunjukkan berdasarkan uji validitas oleh kedua ahli materi diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 81 11% dan 98 33% dimana termasuk dalam kriteria sangat baik. Hal ini dapat dinyatakan bahwa e-modul animatif sangat layak digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan terhadap siswa diperoleh rata-rata nilai 89 87% dimana termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan terhadap guru diperoleh rata-rata nilai 90 67% dimana termasuk dalam kriteria sangat baik. Adapun komentar yang diberikan diperoleh bahwa semua komentar tersebut merupakan komentar positif. Hal ini mendukung hasil rata-rata nilai yang diperoleh sehingga dapat memperkuat pernyataan bahwa e-modul animatif praktis untuk digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji keefektifan yang dilakukan terhadap siswa diperoleh bahwa terdapat 22 dari 30 siswa yang mendapat nilai ge 75. Berdasarkan nilai ketuntasan minimal yaitu 75 maka ketuntasan klasikal siswa diperoleh sebesar 73 33% dimana termasuk dalam kriteria baik. Hal ini dapat dinyatakan bahwa e-modul animatif efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262986 |
Actions (login required)
View Item |