Khahfi, Muhammad Ainur (2022) Pengembangan bahan ajar menulis teks berita dengan piramida terbalik untuk Siswa Kelas VIII SMP / Muhammad Ainur Khahfi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khahfi M. Ainur. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis teks berita dengan piramida terbalik untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dawud M.Pd dan (2) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. Kata Kunci bahan ajar teks berita piramida terbalik Bahan ajar merupakan komponen utama dalam suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan dan pemanfaatan bahan ajar yang baik dalam suatu instansi pendidikan akan membantu meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran yang dilakukan. Dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs teks berita merupakan salah satu materi pokok mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan. Tujuan dari pembelajaran teks berita salah satunya adalah siswa dapat menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Struktur atau isi dari sebuah teks berita dapat dilihat dari kelengkapan dan kebenaran informasi yang ditulis atau disampaikan dalam berita tersebut. Produk bahan ajar yang akan dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar menulis teks berita dengan piramida terbalik. Produk bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan yang bersifat suplementif bagi guru maupun peserta didik di kelas VIII SMP/MTs. Melalui bahan ajar ini peserta didik diharapkan memiliki keterampilan dalam menghasilkan sebuah teks berita. Selain itu bagi guru bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan referensi tambahan untuk mendapatkan bahan latihan bahan stimulant dan bahan tambahan materi teoretis-praktis dalam menulis teks berita. Tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk bahan ajar menulis teks berita dengan piramida terbalik. Sementara itu secara khusus tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar dengan topik tertentu mengenai (1) membaca berita dan memaparkan isinya (2) menganalisis struktur dan menentukan kebahasaan teks berita (3) menelaah informasi penting dan dan menyimpulkan isi berita dan (4) menulis berita secara utuh. Produk bahan ajar ini memperhatikan empat aspek dalam pengembangannya yaitu (1) aspek isi/substansi (2) aspek sistematika penyajian (3) aspek bahasa yang digunakan dan (4) aspek tampilan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan pengembanagn yaitu (1) pengumpulan informasi awal (research and information) (2) perencanaan (planning) (3) pengembangan produk (develop form of product) (4) uji coba produk (operational field testing) (5) revisi produk (product revision) (6) uji coba produk akhir (operational field testing) (7) revisi produk akhir (final product revision) dan (8) penyebaran dan implementasi (disemination and implementation). Jenis data dalam penelitian ini berupa data verbal yang berupa hasil wawancara serta saran dan data noverbal yang berupa skor. Uji coba produk bahan ajar dilakukan kepada validator ahli pembelajaran teks berita yaitu Dr. Didin Widyartono S.S. S.Pd. M.Pd validator ahli pembelajaran menulis Dr.Nita Widiati M.Pd Praktisi atau guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu Rona Mesita S.Pd dan peserta didik kelas VIIIH SMPN 1 Kedungwaru sebanyak 30. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif meliputi pengumpulan data nonverbal yang berupa catatan dari subjek uji dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar tindak lanjut terhadap produk yang dikembangakan. Teknik analisis data secara kuantitatif digunakan rumus P X/X1x100%. Hasil uji coba produk mengenai isi dan deskripsi bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji coba produk dari validator ahli pembelajaran teks berita diperoleh presentase sebesar 85 7% dari validator ahli pembelajaran menulis diperoleh presentase sebesar 100% dari praktisi diperoleh presentase sebesar 100% dari peserta didik diperoleh presentase sebesar 87 3%. Keempat hasil uji coba produk bahan ajar menulis teks berita dapat dikategorikan layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar menulis teks berita. Hasil uji coba produk mengenai sistematika bahan ajar bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji coba produk dari validator ahli pembelajaran teks berita diperoleh presentase sebesar 81 2% dari validator ahli pembelajaran menulis diperoleh presentase sebesar 100% dari praktisi diperoleh presentase sebesar 87 5%. Ketiga hasil uji coba produk bahan ajar menulis teks berita dapat dikategorikan layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar menulis teks berita. Hasil uji coba produk mengenai bahasa yang digunakan bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji coba produk dari validator ahli pembelajaran teks berita diperoleh presentase sebesar 87 5% dari validator ahli pembelajaran menulis diperoleh presentase sebesar 100% dari praktisi diperoleh presentase sebesar 100% dari peserta didik diperoleh persentase sebesar 85 4%. Keempat hasil uji coba produk bahan ajar menulis teks berita dapat dikategorikan layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar menulis teks berita. Hasil uji coba produk mengenai tampilan bahan ajar bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji coba produk dari validator ahli pembelajaran teks berita diperoleh presentase sebesar 81 2% dari validator ahli pembelajaran menulis diperoleh presentase sebesar 81 25% dari praktisi diperoleh presentase sebesar 87 5% dari peserta didik diperoleh persentase sebesar 94 5% . Ketiga hasil uji coba produk bahan ajar menulis teks berita dapat dikategorikan layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar menulis teks berita. Produk bahan ajar menulis berita dengan piramida terbalik telah diuji kelayakannya yang menunjukkan bahwa produk bahan ajar tersebut sangat layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil uji validasi dapat disimpulkan bahwa (1) bahan ajar ini mempunyai keistimewaan dalam hal stimulant bagi peserta didik dengan model piramida terbalik dan (2) diserta dengan pola penyajian materi yang terstruktur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262956 |
Actions (login required)
View Item |