Pengembangan media video tutorial bermain drama untuk siswa sma kelas xi / Heri Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video tutorial bermain drama untuk siswa sma kelas xi / Heri Santoso

Santoso, Heri (2022) Pengembangan media video tutorial bermain drama untuk siswa sma kelas xi / Heri Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Heri. 2022. Pengembangan Media Video Tutorial Bermain Drama untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (2) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Video Tutorial Bermain Drama Siswa kelas XI Media video adalah salah satu media pembelajaran yang efektif pada era teknologi informasi komunikasi. Hampir semua bidang pembelajaran menggunakan media video untuk menyampaikan informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media video tutorial bermain drama untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media video tutorial bermain drama dan (2) mendapatkan informasi tentang kevalidan dan kelayakan media video tutorial bermain drama untuk siswa SMA kelas XI Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (1) define (penetapan) (2) desain (perancangan) (3) development (pegembangan) (4) disseminate (penyebaran). Penyusunan media video tutorial berdasarkan KD 18-19 terkait bermain peran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA. Terdapat sua subjek penelitian yang mencakup subjek validasi dan subjek uji coba. Subjek validasi yaitu validator. Pada penelitian dan pengembangan ini terdapat tiga validator. Dua validator ahli di bidang drama dan satu validator ahli media. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMA Surya Buana dan SMA Al-Izzah Kota Batu. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan pengisian angket atau kuisioner dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mendata catatan verba validator dari angket uji validasi dan mendata komentar dan saran dari 24 siswa di dua sekolah sedangkan teknik analisis kuantitatif dilakukan dengan cara menghitung persentase skor hasil validasi dua ahli materi dan satu ahli media serta hasil uji coba produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu video tutorial bermain drama. Video tutorial disajikan dalam bentuk file video yang berformat MP4 dengan resolusi 1920 times 1080 piksel. Video tutorial ini dapat di akses via daring melalui link https //drive.google.com/drive/folders/1EH7vnXoG28ib5DTLBfz-XBExsoPwukUjY usp sharing pada google drive atau dapat dilihat secara luring melalui media DVD. Komponen di dalam media video tutorial bermain drama terdapat tujuh materi yang meliputi 1) latihan konsentrasi 2) latihan ekspresi 3) latihan vokal 4) latihan gestur 5) latihan improvisasi dan 6) latihan berimajinasi 7) latihan performansi secara utuh. Pada setiap materi terdapat dua unit yaitu 1) uraian materi 2) praktik atau tutorial. Uji validasi meliputi 3 kriteria yaitu (1) relevansi dan sistematika desain tutorial bermain drama (2) kelayakan isi materi dan fungsi video tutorial dan (3) kelayakan bahasa. Berdasarkan ketiga kriteria tersebut media video tutorial bermain drama untuk siswa SMA kelas XI mencapai persentase 93.2 % dan 96 6%. Sedangkan pada uji validasi kegrafikan produk video tutorial bermain drama ini memperoleh skor 95 3%. uji coba produk meliputi dua kriteria yang meliputi (1) kebermanfaatan materi dan (2) kebermanfaatan media. Berdasarkan hasil uji coba di atas menghasilkan skor prosentase 96 8 %. Dengan demikian media video tutorial bermain drama ini layak dan dapat diimplementasikan untuk siswa SMA kelas XI. Pada penyajian produk audio background perlu disinkronkan sehingga tidak overlapping dan perlu ditambahkan animasi-animasi lain untuk menambah kemenarikan video saat disimak oleh siswa. Selain itu narator dalam video perlu fokus dalam menyampaikan informasi khususnya pada fokus mata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262952

Actions (login required)

View Item View Item