Pengembangan instrumen asesmen menyimak berbasis kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif berbentuk aplikasi android bagi siswa SMA kelas X / Hidayatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen menyimak berbasis kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif berbentuk aplikasi android bagi siswa SMA kelas X / Hidayatul Laili

Laili, Hidayatul (2022) Pengembangan instrumen asesmen menyimak berbasis kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif berbentuk aplikasi android bagi siswa SMA kelas X / Hidayatul Laili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan menyimak Bahasa Indonesia berupa soal yang valid dan reliabel. Pengembangan instrumen asesmen dalam penelitian ini berbasis indikator kemampuan berpikir kritis yaitu (1) interpretasi (2) analisis (3) evaluasi (4) inferensi dan (5) regulasi diri serta indikator kemampuan berpikir kreatif yang meliputi (1) kelancaran (2) keluwesan (3) keaslian dan (4) elaborasi.Penelitian pngembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg amp Gall yang meliputi (1) penelitian pendahuluan kepada guru disekolah dan buku paket bahasa Indonesia yang digunakan oleh sekolah (2) melakukan perencanaan berupa penjabaran indikator berpikir kritis dan indikator berpikir kreatif (3) pengembangan produk awal berupa butir soal menyimak (4) revisi produk awal (5) uji ahli asesmen dan uji ahli pembelajaran bahasa Indonesia (6) revisi (7) uji coba lapangan (8) revisi produk akhir dan (9) diseminasi. Data dalam penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa kata frasa dan kalimat dan data kuantitatif berupa skor hasil uji ahli dan uji coba lapangan.Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang berisi 30 soal objektif pilihan ganda dan 8 soal esai uraian. Instrumen yang dihasilkan dalam penelitian ini dari aspek materi konstruksi dan bahasa dinyatakan layak digunakan. Berdasarkan analisis butir soal instrumen yang dihasilkan dalam penelitian ini memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0 87 untuk soal pilihan ganda dan 0 93 untuk soal uraian yang memiliki berarti reliabilitas soal sangat tinggi. Butir soal yang dihasilkan dalam penelitian ini memiliki tingkat kesukaran beragam yaitu pada soal pilihan ganda 6 soal dinyatakan sulit 18 soal dinyatakan sedang dan 6 soal dinyatakan mudah. Sedangkan tingkat kesukaran soal esai berada pada tingkatan sedang. Nilai rata-rata daya beda butir soal dalam instrumen ini berada pada angka 0 34 yang berarti soal dalam penelitian ini memiliki daya beda yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262951

Actions (login required)

View Item View Item