Miyanti, Irma Nur (2022) Pengelolaan pembelajaran steam pada masa pembelajaran jarak jauh dan tatap muka terbatas (studi kasus di tk pelangi Nusantara Kabupaten Kediri) / Irma Nur Miyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan abad-21 diharapkan dapat menciptakan sumberdaya manusia yang mampu berkomunikasi berkolaborasi menggunakan teknologi serta memiliki keterampilan beripikir yang kreatif dan inovatif dalam memecahkan berbegai masalah. Pembelajaran inovatif diperlukan dalam mengembangkan kemampuan abad-21 khususnya pada anak usia dini. Pendekatan pembelajaran STEAM merupakan salah satu pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan aspek Science (Sains) Technology (Teknologi) Engineering (Teknik) Art (Seni) dan Matematic (Matematik) dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran STEAM memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan diri dengan fokus pada pemecahan masalah dengan cara berpikir logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran STEAM pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Tatap Muka Terbatas (PTMT) di TK Pelangi Nusantara berdasarkan fungsi manajemen POAC menurut George R. Terry yang dilaksanakan dengan berdasarkan teori manajemen strategis menurut J. David Hunger and Thomas Wheelen berupa Formulasi Strategis Implementasi dan evaluasi strategis sehingga mengetahui bagaimana efektif dan efisiennya pengelolaan pembelajaran di TK Pelangi Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data dengan peneliti sebagai instrumen kunci yang bertugas pengumpulan data dari berbagai sumber berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Miles and Huberman dengan langkah Data Collection (Pengumpulan data) Data Reduction (Reduksi data) Display data dan Kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengelolaan pembelajaran STEAM pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Tatap Muka Terbatas (PTMT) di TK Pelangi Nusantara. Pengelolaan pembelajaran STEAM lebih efektif dan efisien jika dilaksanakan secara tatap muka terbatas. Hal itu dikarenakan dengan pembelajaran tatap muka terbatas pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka secara langsung dalam memberikan dan menerima materi pembelajaran selain itu kegiatan dapat lebih bervairasi dan anak dapat mengembangkan kemampuan sosial ketika berdiskusi dengan temannya meskipun dalam jumlah sedikit dan dalam waktu yang sebentar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |