Penerapan literasi Sains dengan Media loose Parts secara daring pada Tk Harapan Pertiwi 01 dan Tk Dahlia 01 Kota Batu / ATIK RAKHMAWATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan literasi Sains dengan Media loose Parts secara daring pada Tk Harapan Pertiwi 01 dan Tk Dahlia 01 Kota Batu / ATIK RAKHMAWATI

Rakhmawati, Atik (2021) Penerapan literasi Sains dengan Media loose Parts secara daring pada Tk Harapan Pertiwi 01 dan Tk Dahlia 01 Kota Batu / ATIK RAKHMAWATI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains berkaitan dengan pendidikan sains keduanya bersifat holistik dalam mewujudkan pembelajaran sains yang bermakna. Literasi sains memiliki arti yang luas yaitu bukan hanya sekedar transfer teori melainkan kemampuan untuk tanggap terhadap perkembangan teknologi kemampuan berpikir secara kritis dan memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap kondisi lingkungan sekitar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan sesuai fokus pengamatan yang telah ditentukan yakni tentang bagaimana penerapan literasi sains dengan media loose parts secara daring pada TK Harapan Pertiwi 01 dan TK Dahlia 01 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif rancangan multi situs (multi site studies) dengan alat pengumpul data berupa observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian melalui dua tahapan yakni analisis data tunggal dalam situs dan analisis data lintas situs dimana dalam melakukan analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data reduksi data paparan data dan penarikan data atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan waktu pengamatan ketekunan pengamatan triangulasi metode dan sumber pengecekan anggota kecukupan bahan referensi keteralihan kepastian dan dependabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan literasi sains dengan media loose parts secara daring di dua situs penelitian dilakukan secara terstruktur. Pembelajaran sistem daring ini merupakan wujud adaptasi pembelajaran di masa pandemi untuk memutus penyebaran Covid-19. Kegiatan ini dapat diterapkan kepada seluruh peserta didik yang ada di kelompok A dan kelompok B. Sistem pembelajaran daring yang digunakan menyesuaikan kebutuhan dan kesiapan masing-masing satuan yaitu dengan sistem daring asinkronus penuh atau daring blended antara sinkronus dan asinkronus. Penyediaan loose parts sebagai media pembelajaran menggunakan sistem kolaborasi dengan orang tua. Ada beberapa kriteria loose parts yang dimanfaatkan dalam pembelajaran meliputi ketersediaan keterjangkauan keamanan serta kesesuaian dengan capaian yang harus dikuasai anak sesuai kelompok usianya. Tujuan dari konsep penerapan literasi yang dilakukan yaitu adanya perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan anak melalui berbagai variasi metode pembelajaran yang digunakan. Konsep sains juga menjadi perhatian penting dalam penerapan kegiatan literasi sains dengan media loose parts secara daring. Konsep sains ini berkaitan dengan penerapan pembelajaran sains sesuai dengan karakteristik anak usia dini merancang jenis kegiatan yang dapat diberikan antara kelompok A dan kelompok B serta jenis konsep pembelajaran sains yang dapat diberikan kepada anak. Hal lain yang berpengaruh terhadap implementasi kegiatan literasi sains dengan media loose parts adalah adalah ketersediaan SOP. Standar Operasional Prosedur diperlukan untuk mengatur sistem pembelajaran yang dilakukan baik mengenai prosedur pelaksanaan kegiatan pembelajaran maupun teknis kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262942

Actions (login required)

View Item View Item