Manajemen pembelajaran direct practice dalam mengembangkan kemampuan beribadah Anak (studi multi situs di TK Hidayatul Qur'an lawang dan TK Ar-Raudhah 1 Turirejo) / Siti Halimatul Qowiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran direct practice dalam mengembangkan kemampuan beribadah Anak (studi multi situs di TK Hidayatul Qur'an lawang dan TK Ar-Raudhah 1 Turirejo) / Siti Halimatul Qowiyah

Qowiyah, Siti Halimatul (2022) Manajemen pembelajaran direct practice dalam mengembangkan kemampuan beribadah Anak (studi multi situs di TK Hidayatul Qur'an lawang dan TK Ar-Raudhah 1 Turirejo) / Siti Halimatul Qowiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan suatu usaha dalam mengatur proses belajar mengajar agar nantinya dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Manajemen pembelajaran khususnya di pendidikan anak usia dini tentu memiliki sedikit perbedaan dengan jenjang-jenjang di atasnya. Pada masa ini adalah masa peralihan di mana anak mendapatkan informasi dari lingkungan sebelumnya dan tugas guru di sekolah adalah mengkonstruksi pengetahuan anak tersebut agar tercipta pengetahuan baru yang bermakna. Salah satu model manajemen pembelajaran yang bagus untuk diterapkan adalah pembelajaran direct practice dimana melalui pembelajaran tersebut anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan melakukan langsung materi pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data terkait dengan manajemen pembelajaran direct practice yang terdiri atas perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kemampuan beribadah anak yang diajarkan melalui pembelajaran direct practice. Penelitian ini dilakukan melalui proses analisis data kemudian dilakukan verifikasi data atas deskripsi temuan hasil penelitian. Selanjutnya dapat ditemukan kesimpulan juga disertai saran bagi subjek penelitian. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Karena penelitian ini dilakukan di dua lembaga taman kanak-kanak yang memiliki karakteristik sama secara terperinci intensif dan mendalam melalui teknik observasi dengan hasil catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Metode ini diterapkan karena sesuai dengan tujuan penelitian juga untuk menggali fenomena yang terjadi terkait manajemen pembelajaran direct practice yang diterapkan dalam rangka mengembangkan kemampuan beribadah anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran direct practice yang diterapkan ini memberikan hasil dalam pengembangan kemampuan beribadah anak. Namun di sisi lain masih terdapat faktor penghambat yang menyebabkan perkembangan kemampuan beribadah anak kurang menyeluruh di antaranya (1) kurangnya guru dalam memperhatikan capaian perkembangan anak selama proses pembelajaran berlangsung (2) kurangnya perhatian orang tua di rumah yang dapat mendukung perkembangan anak. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telan dijelaskan maka muncul beberapa saran sebagai bentuk rekomendasi terhadap pihak-pihak yang terkait yaitu (1) Bagi sekolah lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memperhatikan kembali metode-metode yang dapat diterapkan di sekolah disesuaikan dengan capaian perkembangan anak sebagai bentuk pengembangan kemampuan beribadah anak. (2) Bagi kepala sekolah untuk memberikan arahan kepada guru mengenai bagaimana cara menerapkan manajemen pembelajaran direvt practice maupun mengatasi faktor penghambat yang terjadi berkaitan dengan kemampuan beribadah anak. Diharapkan juga agar lebih banyak lagi program yang melibatkan anak ikut secara langsung dalam kegiatan. (3) Bagi guru apabila menginginkan kemampuan beribadah anak berkembang secara optimal maka guru boleh menerapkan pembelajaran direct practice dan menanggulangi faktor penghambat pelaksanaan manajemen pembelajaran tersebut. . Selain itu guru juga bisa lebih menambah wawasan terkait manajemen pembelajarna direct practice untuk kemampuan beribadah yang dimiliki anak supaya dapat membantu mengembangkan potensi anak secara menyeluruh. (4) Bagi peneliti selanjutnya supaya dapat mengembangkan penelitian yang lebih dalam dan menyeluruh dengan meneliti manajemen pembelajaran direct practice dan kemampuan beribadah anak serta kaitannya dengan lingkungan keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262938

Actions (login required)

View Item View Item