Pengembangan e-modul storytelling bersumber cerita siroh nabawiyah untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini / Helda Fibriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul storytelling bersumber cerita siroh nabawiyah untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini / Helda Fibriyanti

Fibriyanti, Helda (2021) Pengembangan e-modul storytelling bersumber cerita siroh nabawiyah untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini / Helda Fibriyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fibriyanti Helda. 2021. Pengembangan E-Modul Storytelling Bersumber Cerita Siroh Nabawiyah Untuk Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Zainuddin M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci E-Modul Storytelling Karakter Mandiri Anak Usia Dini Analisis kebutuhan yang dilakukan di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Malang membutuhkan media pembelajaran yang inovatif untuk membentuk karakter mandiri melalui kegiatan Storytelling yang selama ini rutin dilakukan oleh guru di sekolah.. Lembaga sekolah menyadari bahwa pembentukan karakter tidak hanya menjadi tugas guru di sekolah tetapi juga dapat dilakukan oleh orangtua di rumah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan E-Modul Storytelling bersumber dari cerita Siroh Nabawiyah untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini yang layak praktis dan menarik serta menguji efektivitas produk yang dikembangkan untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Assure yang terdiri dari 6 tahapan yaitu terdiri dari enam tahapan yaitu 1) menganalisis karakteristik siswa 2) menetapkan tujuan pembelajaran 3) memilih metode media dan bahan pelajaran 4) melakukan ujicoba produk 5) melibatkan siswa dalam pembelajaran 6) evaluasi formatif dan revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dari lembar hasil wawancara lembar observasi respon anak lembar angket respon orangtua dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini memiliki nilai kevalidan kepraktisan dan kemenarikan sebesar 97.6% yang didapatkan dari hasil validasi ahli media ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil uji keefektifan didapatkan nilai sebesar 79.4% yang diperoleh dari hasil uji coba perorangan ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul Storytelling layak digunakan dalam pembelajaran untuk membentuk karakter mandiri anak usia dini khususnya usia 4-5 tahun. Diharapkan media E-Modul Storytelling ini dapat digunakan pada subjek yang lebih luas dan disosialisasikan pada sekolah-sekolah lain serta pihak lain yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262934

Actions (login required)

View Item View Item