Pengelolaan metode beyond centers and circle time (BCCT) terhadap perkembangan kognitif anak di RA Darunnajah Sukodono Sidoarjo / Putri Karima Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan metode beyond centers and circle time (BCCT) terhadap perkembangan kognitif anak di RA Darunnajah Sukodono Sidoarjo / Putri Karima Dewi

Dewi, Putri Karima (2022) Pengelolaan metode beyond centers and circle time (BCCT) terhadap perkembangan kognitif anak di RA Darunnajah Sukodono Sidoarjo / Putri Karima Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan dikembangkan dalam anak usia dini karena merupakan salah satu dari 6 aspek yang dapat mencapai perkembangan anak usia dini. Salah satu teori piaget menyatakan bahwa pengetahuan dibangun melalui kegiatan atau aktifitas pembelajaran perkembangan kognitif anak usia dini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang memang membutuhkan pengetahuan secara luas dalam berfikir pra oprasional. Tahapan-tahapan perkembangan kognitif Piaget yaitu tahapan sensorimotor (0-18 bulan) dimana anak-anak memperoleh pengetahuan murni dari gerak dan indra kongkrit. Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) yang dikenal sebagai pembelajaran Sentra yang merupaka strategi pembelajaran anak usia dini merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (multiple intelligent) melalui bermain terarah dan diciptakannya setting pembelajaran yang merangsang anak untuk saling aktif kreatif dan terus berfikir dengan menggali pengalamannya sendiri. BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau yang biasa disebut pendekatan sentra dan saat lingkaran yang berpusat pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dimana penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada yang berlangsung saat ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus tunggal (single case study design) desain ini dipertimbangkan agar memperoleh data yang lebih terperinci mengenai responden yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan metode BBCT (Beyond Centers And Circle Time) terhadap perkembangan kognitif anak di RA Darunnajah Sukodono Kloposepuluh Sidoarjo Perencanaan metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) terhadap perkembangan kognitif anak di RA Darunnajah tersusun secara tersruktur dan terperogram.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262932

Actions (login required)

View Item View Item