Pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan kremampuan kognitif materi sains anak usia dini (studi kasus di Paud Omah Bocah Annaafi Malang) / Angelina Kurnia Juita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan kremampuan kognitif materi sains anak usia dini (studi kasus di Paud Omah Bocah Annaafi Malang) / Angelina Kurnia Juita

Juita, Angelina Kurnia (2021) Pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan kremampuan kognitif materi sains anak usia dini (studi kasus di Paud Omah Bocah Annaafi Malang) / Angelina Kurnia Juita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juita Angelina Kurnia 2021. Pembelajaran Kontekstual Untuk Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Materi Sains Anak Usia Dini (Studi Kasus Di PAUD Omah Bocah Annaafi Malang). Tesis Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Zainuddin M. Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Anak Usia Dini Kognitif Pembelajaran pada anak usia dini merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menarik agar anak lebih senang akan pembelajaran yang di terimanya. Dalam pembelajaran yang dilakukan harus dapat membentuk aspek yang harus dikembangkan pada anak yaitu menumbuhkan kemampuan kognitif anak yang harus dilakukan mulai dari sedini mungkin. Menumbuhkan kemampuan kognitif pada anak usia dini sangat penting untuk dilakukan melalui berbagai cara salah satunya adalah dengan pembelajaran sains secar kontekstual.. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelaksanaan faktor pendukung dan penghambat upaya mengatasi faktor pendukung dan penghambat dan upaya tindak lanjut pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan kemampuan kognitif materi sains anak usia dini di PAUD Omah Bocah Annaafi Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus yang menggambarkan kejadian yang sebernarnya yang di dukung oleh data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sains secara kontekstual yang dilaksanakan pada hari jumaat selama 30 menit dari jam 09.00-09.30 Kegiatan pembelajaran sains secara kontekstual ini dapat menumbuhkan kemampuan kognitif anak yaitu anak mampu membedakan warna bentuk dan ukuran suatu benda melatih berfikir logis meningkatkan rasa ingin tahu dan mengetahui konsep yang terkandung dalam kegiatan sains tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262923

Actions (login required)

View Item View Item