Manajemen model pembelajaran edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya Bondowoso / Nurhalimah Hakiki - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen model pembelajaran edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya Bondowoso / Nurhalimah Hakiki

Hakiki, Nurhalimah (2022) Manajemen model pembelajaran edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya Bondowoso / Nurhalimah Hakiki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakiki Nurhalimah. 2022. Manajemen ModelnPembelajaran Edutainment di TamannKanak-kanak Alifya Bondowoso. Tesis Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah ProgrammPascasarjanaaUniversitasaNegeriaMalang. Pembimbing i(1) Prof. Dr. Ach. Rasyad M.Pd. (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kataakunci manajemen model pembelajaran edutainment Manajemennpembelajarannyangnbaiknharusnmemenuhi syarat ketentuan minimum yang telahnditetapkan dalam standar manajemennpembelajaran PAUD agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai keinginan. Kegiatan manajemen pembelajaran yang baik hendaknya dilakukan melalui kegiatan yang menghibur. Sedangkan model pembelajaran edutainment yaitu pembelajaran yang didalamnya mengandung unsur-unsur yang menarik kreatif inovatif nyaman kondusif serta menyenangkan. Pembelajaran edutainment memang didesain dengan perpaduan antara pendidikan dan hiburan. Sehingga diharapkan dengan adanya manajemen model pembelajaran edutainment dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak di TamannKanak-kanak Alifya Bondowoso yang awalnya masih ada beberapa yang kurang berkembang dengan baik hingga mengalami perubahan dapat berkembang dengan lebih baik lagi. Tujuan dilakukannya penelitianniniiuntuk mendeskripsikannperencanaan pelaksanaan evaluasi hambatan serta dampak dari manajemen model pembelajaran edutainment di TamannKanak-kanak Alifya Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini terdiri dari observasi wawancara ddannjuga dokumenter. Analisis data yangndigunakan pada penelitian ini berupa kondensasi data (dataacondensation) penyajianndata (data display) verifikasi dan penarikan kesimpulan (drawing and verifiying conclusion). Pengecekan keabsahan datanya melalui trianggulasi sumber trianggulasi teknik dan trianggulasiiwaktu. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa perencanaan manajemen model pembelajaran edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya berupa adanya Prota Prosem Rppm Rpph Lkpd instrumen penilaian kalender pendidikan kolaborasi K-13 dengan Ijen Geopark buku panduan peserta didik dan rancangan program unggulan seperti berenang berkuda bermain piano permainan tradisional dan cooking class. Sedangkan dari segi pelaksanaannya ada pembiasaan berdoa menyanyi penerapan beberapa program unggulan dan penggunaan LKDP. Bentuk evaluasinya berupa penilaian yang dilakukan melalui pengamatan atau hasil karya dan daftar ceklis. Terdapat hambatan yakni peserta didik tidak datang tepat waktu saat pelaksanaan kegiatan dan membutuhkan banyak fasilitas untuk pembelajaran edutainment. Dampaknya peserta didik merasa senang tidak bosan saat pembelajaran menumbuhkan semangat belajar yang berdampak positif bagi seluruh aspek perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262922

Actions (login required)

View Item View Item