Penerapan pendekatan problem posing berbasis kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II.1 SMAN 1 Purwosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing berbasis kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II.1 SMAN 1 Purwosari

Kurniawati, Zuliya Indah (2010) Penerapan pendekatan problem posing berbasis kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II.1 SMAN 1 Purwosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasbi elajarb iologi merupakanh asil usahas eseorandga ri belajar biologi.P engalamasni swas angamt empengaruhhia silb elajars iswa.S alahs atu faktory angm empengaruhpie ngalamasni swaa dalahp rosesb elajar o lehk arena itu prosesp embelajaranh arusd irancangs edemikianr upa sehinggate rjadi proses belajar yang optimal. Hasil obsewasi awal yang dilakukan di SMAN I Purwosari khususnydai kelasI l.l menunjukkanb ahwap embelajarayna ngd ilakukang uru bidangs tudia dalahc eramahD. ari 41 siswah anya4 87Yoy angm aub ertanya kepada guru apabila ada hal yang kurangjelas atau tidak mengerti. Asp k mengambil giliran dan berbagi tugas tidak tampak pada kegiatan pembelajaran karenqs iswah anyam endengarkanp enjelasand ari guru d4n mencatats ecara indivi pal.H asilb elajary angd iperolehd ari nilai raportk elasI semeste2r menur qkkanra ta-ratas ebesa6r 63. Berdasarkanfe nomenay ang ada m aka peneliti menawarkans uatu pembelajaranno n konvensionayla itu pembelajarayna ngt idak hanyam entransfer pengetahuasne matate tapij uga membangunst rukturk ognitif siswa.D alamh al ini adalahp endekatanp roblemp osing. _ Jenisp enelitianin i adalahP enelitianT indakanK elas( PTK) yang bertujuanu ntuk (1) mengetahupi eningkatana ktivitas belajarb iologi dengan pendekatapnr oblemp osingb erbasisk ontekstuasl iswak elasI I.l SMAN I Purwosari ( 2) mengetahupi eningkatanh asil belajarb iologi denganp endekatan problem posing berbasis kontekstual siswa kelas II.1 SMAN l. PTK dilaksanakan dalam2 siklust indakand engans ubyekp enelitiana dalahk elasI l.1 sebanya4k 1 siswa. Materi yang diajarkan adalah struktur tumbuhan. Teknik pengambilan datanyam enggunakanle mbaro bservasi a ngket catatanla pangand an tes formatif. Pelaksanaanm ulai tanggal2 6 Juli sampaid engan9 Agustus2 004. Flasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kualitas aktivitas belajars ecarak eseluruhaand alah c ukup denganp srsentas5e1 630/oS.e telah dilakukanp erbaikant indakanp adas iklus II persentasete rsebutm eningkat menjadi7 7 10o/doe ngank ualitas baik .H asil tes formatif siklusI ke siklusI I menunjukkanp eningkatank etuntasanb elajar dai -27 siswam enjadi3 6 siswad ari jumlah siswak eseluruha(n4 1 siswa).S elaini tu kemampuapnr oblemp osing siswajugdm eningkatP. adas iklusI soalb uatans isway angs esuadi engan informasis ebesa5r 0o/od anm eningkamt enjadi6 2 5%padas iklusl L Hal ini berarti bahwap embelajarand enganp endekatanproblemp asing dapt meningkatkana ttivitas hanh asilb elajarb iologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26292

Actions (login required)

View Item View Item