Keefektifan kegiatan belajar dari rumah terhadap perkembangan kognitif anak usia dini / Rifqoh Roziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan kegiatan belajar dari rumah terhadap perkembangan kognitif anak usia dini / Rifqoh Roziah

Roziah, Rifqoh (2022) Keefektifan kegiatan belajar dari rumah terhadap perkembangan kognitif anak usia dini / Rifqoh Roziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar dari rumah merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19 dalam bidang pendidikan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga harus menyesuaikan dirinya dalam menghadapi perubahan tatanan dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran online diharapkan tetap menjadi solusi dalam masa pandemi Covid-19. Pendidikan pada anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar bagi tumbuh kembang anak. Perkembangan kognitif merupakan salah satu dari 6 aspek perkembangan anak usia dini. Perkembangan kognitif pada anak usia dini berkaitan erat dengan akal dan pikiran seperti belajar dan pemecahan masalah berfikir logis dan berfikir simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan kegiatan belajar dari rumah terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kecamatan Pakis Poncokusumo dan Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 lembaga sekolah dan sampel penelitian adalah 40 lembaga sekolah yang didapat dengan menggunakan rumus Steven Issac dan Willian. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Adapun kuesioner terdiri atas beberapa pernyataan yang didasarkan pada Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jendral No.15 Tahun 2020 dan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun yang dikembangkan berdasarkan hasil diskusi dengan dosen pembimbing. Analisis data menggunakan uji normalitas uji linearitas dan uji hipotesis dengan analisis uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu nilai t 6 149 gt t tabel 2 024 dengan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05. Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran di RA/BA/TA Kecamatan Pakis Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dalam kegiatan belajar dari rumah efektif terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262919

Actions (login required)

View Item View Item