Proses pembelajaran ramah gender dalam membangun kapasitas pengelola Desa wisata (studi kasus di Desa wisata Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang) / Kenni Samitra - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran ramah gender dalam membangun kapasitas pengelola Desa wisata (studi kasus di Desa wisata Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang) / Kenni Samitra

Samitra, Kenni (2021) Proses pembelajaran ramah gender dalam membangun kapasitas pengelola Desa wisata (studi kasus di Desa wisata Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang) / Kenni Samitra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ana proses membangun kapasitas masyarakat pengelola desa wisata melalui pembelajaran berwawasan gender secara umum dan juga menampilkan hasil dari temuan mengenai komponen pariwisata ramah gender mulai dari daya tarik wisata fasilitas aksesibelitas serta akomodasi yang memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada siapapun lalu telaah mengenai keterlibatan perempuan dalam pengelolaan desa wisata mulai dari akses parisipasi serta kontrol kaum perempuan dalam pengelolaan desa wisata. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adala alur yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di beri kode agar memudahkan pembaca dalam memahaminya yang disebut dengan data reduction. Setelah itu data yang telah direduksi disajikan dengan bentuk tulisan tabel atau bagan alur agar terlihat utuh lalu data disajikan atau ditampilkan data display lalu masuk penarikan kesimpulan dengan pemeriksaan kebenaran data. Hasil dari penelitian ini yaitu membangun kapasitas masyarakat pengelola desa wisata melalui pembelajaran ramah gender ditempuh melalui tiga proses pembelajaran yaitu pembelajaran dari tradisi lokal pembelajaran dari kelompok pemerhati wisata serta pembelajaran dari kerjasama dengan pihak luar yang semunya ditempuah dengan proses berwawasan gender yaitu mengambarkan kehidupan dan budaya masyarakat yang setara baik dari peran tanggung jawab dan pembagian kerja lalu tersedianya komponen wisata ramah gender mulai dari daya tarik fasilitas aksesibelitas dan juga akomodasi yang dapat dirasakan semua kalangan masyarakat serta memberikan rasa aman dan nyaman tentunya lalu adanya keterlibatan perempuan dalam pengelolaan desa wisata dengan ditandai adanya akses parisipasi dan kontrol dari kaum perempuan dalam pengelolaan desa wisata. Saran penelitian ini yaitu bagi pengelola desa wisata pamotan dapat membangun kapasitas melalui proses pembelajaran dengan akses partisipasi dan kontrol dari semua pihak serta mendapat dukungan dari kelompok pemerhati wisata yang terus memfasilitasi berbagai macam kegiatan bersama pengelola desa wisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262913

Actions (login required)

View Item View Item