Pengaruh kompetensi kepala madrasah dan iklim organisasi madrasah terhadap kompetensi guru madrasah ibtida'iyah di kota batu / Ahmad Farih Sulaiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi kepala madrasah dan iklim organisasi madrasah terhadap kompetensi guru madrasah ibtida'iyah di kota batu / Ahmad Farih Sulaiman

Sulaiman, Ahmad Farih (2021) Pengaruh kompetensi kepala madrasah dan iklim organisasi madrasah terhadap kompetensi guru madrasah ibtida'iyah di kota batu / Ahmad Farih Sulaiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi guru merupakan hal penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru yang baik adalah guru yang selalu memperhatikan dan berupaya meningkatkan kompetensinya. Dengan standar kompetensi yang dimilikinya guru diharapkan mampu melaksanakan tugasnya. Kualitas hasil belajar siswa menjadi sebuah barometersuksesnya sebuah lembaga pendidikan kualitas ini erat hubungannya dengan kompetensi guru yang dipengaruhi oleh kompetensi kepala sekolah atau madrasah dan iklim organisasi. Kota Batu merupakan salah satu Kota maju yang ada di Provinsi Jawa Timur karena menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wiayah jawa timur maka sudah sepantasnya Kota Batu ditunjang dengan pendidikan yang maju juga. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti ditemukan beberapa permasalahan diantaranya sedikitnya kepala madrasah yang melakukan supervisi di sekolah kurang baiknya kompetensi guru khususnya terlambat dalam penyusunan RPP dan silabus masih banyak guru yang melanggar aturan jam untuk kepentingan pribadi dan kesenjangan honor antara guru PNS dan non PNS. Berdasarkan berbagai fenomena yang sudah terjadi Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu serta berdasarkan uraian hasil penelitian terdahulu tentang kompetensi guru yang dipengaruhi oleh kompetensi kepala madrasah dan iklim organisasi maka peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini yakni (1) Mendeskripsikan tingkat kompetensi kepala madrasah (2) Mendeskripsikan iklim organisasi (3) Mendeskripsikan tingkat kompetensi guru (4) Mendeskripsikan pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap kompetensi guru (5) Mendeskripsikan pengaruh iklim organisasi terhadap kompetensi guru dan (6) Mendeskripsikan pengaruh kompetensi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kompetensi guru di Madrasah Ibtida rsquo iyah Se- Kota Batu. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan desain correlational multivariate yang dilakukan di Madrasah Ibtida rsquo iyah se-Kota Batu Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dimasing-masing madrasah menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel responden sebanyak 148orang guru. Pengumpulan data dikumpulkan melalui angket tertutup. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan analisis SEM. Seluruh data dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS 24 dan SEM AMOS 24. Hasil penelitian ini yakni (1) Tingkat kompetensi kepala madrasah yang terdiri dari kompetensi manajerial kompetensi kewirausahaan kompetensi kepribadian kompetensi supervisi dan kompetensi sosial di Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu tergolong kriteria sangat baik (2) Tingkat iklim organisasi yang terdiri dari iklim keterbukaan iklim yang memperhatikan kesehatan organisasi dan iklim yang fokus pada warga negara di Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu tergolong kriteria sangat terbuka (3) Tingkat kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik guru kompetensi kepribadian guru kompetensi sosial guru dan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu tergolong kriteria sangat baik (4) Kompetensi kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap kompetensi guru artinya secara statistik bahwa semakin tinggi kompetensi kepala madrasah maka semakin meningkat pula kompetensi guru (5) Iklim organisasi memiliki pengaruh terhadap kompetensi guru artinya secara statistik bahwa semakin baik iklim organisasi madrasah maka semakin meningkat pula kompetensi guru dan (6) Kompetensi kepala madrasah dan iklim organisasi memiliki pengaruh terhadap kompetensi guru secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis memberikan saran kepada (1) Bagi Guru Madrasah Ibtida rsquo iyah Se- Kota Batu hendaknya dapat mendukung terciptanya iklim organisasi yang kondusif di madrasah guna meningkatkan kompetensi guru secara pribadi dan guru lainnya (2) Bagi Kepala Madrasah di Kota Batu hendaknya dapat mengambil kebijakan di madrasah untuk meningkatkan kualitas guru melalui kompetensi kepala madrasah menjaga iklim organisasi agar tetap kondusif yang berpengaruh terhadap kompetensi guru yang selanjutnya berdampak pada kualitas pembelajaran di madrasah (3) Bagi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu sebagai masukan selaku pengambil kebijakan hendaknya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Batu dengan pembinaan kepala madrasah untuk lebih memaksimalkan tugas dan fungsinya sebagai kepala madrasah serta diharapkan meningkatkan kompetensi guru madrasah di Kota Batu (4) Bagi Komite madrasah hendaknya dapat meningkatkan peran aktif dalam memberikan dukungan sumber daya ke madrasah guna menciptakan iklim organisasi madrasah yang kondusif serta meningkatkan kompetensi guru dan (5) Bagi Peneliti lain hendaknya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan dan sumber bagi pengembangan lebih lanjut yang belum tersentuh oleh penelitian ini misalnya faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi guru seperti gaya kepemimpinan kinerja kepala madrasah partisipasi masyarakat kompensasi motivasi dan budaya organisasi di madrasah ibtidayah dan solusi pemecahannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262901

Actions (login required)

View Item View Item