Kebijakan sekolah, nilai-nilai pendidikan karakter dan manajemen strategis pada Sekolah Adiwiyata di Kota Malang / Arif Tomy Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Kebijakan sekolah, nilai-nilai pendidikan karakter dan manajemen strategis pada Sekolah Adiwiyata di Kota Malang / Arif Tomy Wijaya

Wijaya, Arif Tomy (2021) Kebijakan sekolah, nilai-nilai pendidikan karakter dan manajemen strategis pada Sekolah Adiwiyata di Kota Malang / Arif Tomy Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijaya Arif Tomy. 2021. Kebijakan Sekolah Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Manajemen Strategis pada Sekolah Adiwiyata di Kota Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd. (2) Dr. Maisyaroh M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Adiwiyata Pendidikan karakter adalah suatu sitsem pada pendidikan dengan penanaman nilai-nilai yang relevan dengan culture sebuah bangsa yang terdiri dari aspek kognitif afeksi dan tindakan baik terhadap Tuhan YME pada pribadi masing-masing ataupun terhadap masyarakat dan bangsa. Pada Sistem Pendidikan Nasional yang termaktub dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal 33 telah dirumuskan yaitu ldquo Pendidikan nasional berfungsi untuk membentuk watak mengembangkan kemampuan peradaban suatu negara yang bermartabat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui kebijakan program sekolah dalam mencapai tujuan Adiwiyata mendeskripsikan nilai-nilai yang dominan sebagai penguat pada sekolah penerima Adiwiyata dan mengetahui manajemen strategi dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Rancangan penelitian ini menggunakan survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari 408 orang dan ditetapkan sampel sejumlah 200 orang dengan teknik deskriptif persentase. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Dengan Penelitian Survey deskriptif hanya menggambarkan gejala keadaan dan fakta-fakta di lapangan. Namun survey deskriptif bisa menghasilkan informasi secara alami berupa gambar dan persentase yang merupakan bentuk dasar kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama keberadaan stakeholder tenaga pendidik dan seluruh warga sekolah berperan langsung dalam kebijakan yang dibuat dengan kategori sangat tinggi dengan jumlah 37%. Kedua nilai-nilai pendidikan karakter yang dibangun di sekolah adiwiyata diwujudkan melalui kepedulian terhadap lingkungan menumbuhkan tanggung jawab dan kepedulian sosial dengan kategori sedang dengan persentase 53 5%. Ketiga manajemen strategi diimplementasikan sesuai dengan kondisi di lapangan. Selain itu evaluasi terhadap proses pelaksanaan strategi (implementasi dilakukan sebagai bentuk pengawasan dan perbaikan untuk perumusan selanjutnya. Manajemen strategis mendapatkan hasil 46 5% dengan kategori sangat tinggi. Menyikapi dari hasil penelitian menunjukkan ada satu variebel dimana nilai pendidikan karakter kurang begitu kuat maka sebaiknya bapak/ibu kepala yang bertugas pada 11 sekolah yang diteliti untuk melaksanakan program-program Adiwiyata yang ada dan dapat berperan penting untuk meningkatkan kualitas serta menjaga predikat sekolah Adiwiyata agar bisa menjadi contoh untuk sekolah lainnya yang sedang berprsoses kesana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262900

Actions (login required)

View Item View Item