Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas prestasi belajar keanekaragaman hayati kelas IB semester I SMA TPI Porong Sidoarjo tahun pelajaran 2004/2005 oleh Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas prestasi belajar keanekaragaman hayati kelas IB semester I SMA TPI Porong Sidoarjo tahun pelajaran 2004/2005 oleh Maisaroh

Maisaroh (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas prestasi belajar keanekaragaman hayati kelas IB semester I SMA TPI Porong Sidoarjo tahun pelajaran 2004/2005 oleh Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihanm etodep embelajarans angatm enentukank ualitasp engajaran dalam proses belajar mengajar untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya Biologi harus diorganisasikan dengan metode pmbelajaran yang tepat dan selanjutnya disampaikan kepada siswa dengan metode yang tepat pula. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawan ra diketahubi ahwa metodep embelajarany ang diterapkand i SMA TPI Porong- Sidoarjo adalah pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Dengan metode seperti ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kelas dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan dan membangunp engetahuannysae ndiri sehingga mengakibatkana ktivitas dan prestasbie lajars iswas angatr endah. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan sisluaa dalahm etodep embelajarank ooperatif Dengan pembetajarank ooperati sisua dapat bekerja sama antar anggota dalam kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secarain dividu maupun kelompok. Pembelajarank ooperatif yang diterapkan dalamp enelitianin i adalahp embelajanakno operatifm odelS TAD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas kooperatif siswa selamap embelajaranbiologim odel srAD dan pengaruhp enerapanp embelajaran kooperatif model STAD terhadap prestasi belajar biologi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif denganje nis penelitiant indakank elas. subyek penelitiand alam penelitiani ni adalah siswa kelas IB. Data yang dijaring berupa data aktivitas dan prestasi belajary angd iperolehm elalui pos tes lembaro bservasi c atatanlapangand an wawancaraD. ata yang diperoleh dianalisiss ecarad eskriptif kualitatif. Waktu pelaksanaapne nelitianb erlangsungp adab ulan Juli sampaiA gustus2 004. ltrasilp enelitianp adas iklusI dari keempaet lemenk ooperatify angd iamati yattus alingk etergantungapno siti interaksit atap muka akuntabilitasin dividu dank eterampilamn enjalinh ubungana ntarp ersonalm enunjukkans atuk elompok kualitasnykau rangd enganp ersentaskee lompok4 2 25o/poa dak elompokt iga dan untuk kelompok satu 60 75% o .k elompok empat dan lima 69%od an kelompok enam6 0 50/od engank ualitas sedang hanya pada kelompok dt n 86 5%od engan kulitas baik scdangkanu ntuk siklus II semuak elompok mendapatkank ualitas aktivitas kooperatif baik dengan persentase kelompok kelompok satu gsyo kelompok dua 100% kelompok tiga 91 5% dan untuk kelompok empat lima serta enam sama yaitu 82 5% . Selain itu pembelajaran kooperatif model STAD dapatm eningkatanh asil belajars iswas ebesar2 4 380 padas iklus I dan 34 22o/o padas iklusI I. Kualitas belajarpunm eningkatd ari baik dengann ilai persentase analisis(P a)s ebesa7r 6 720/mo enjadis angatb aik dengann ilai persentasaen alisis a)s ebesa8r 6 41%. Berdasarkanp enelitian dapatd isimpulkan bahwa penerapanp embelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada konsepk eanekaragamahna yati kelas Ib. Oleh karena itu disarankanb agi guru bidangs tudi biologi untuk menggunakanm etode pembelajarank ooperatif model STADs ebagaai ltematif dalam membelajarkans iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item