Pengaruh tegangan elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, sifat optik dan performa cigs / Hilda Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tegangan elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, sifat optik dan performa cigs / Hilda Rahmawati

Rahmawati, Hilda (2022) Pengaruh tegangan elektrodeposisi terhadap mikrostruktur, sifat optik dan performa cigs / Hilda Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Film CIGS dapat difabrikasi pada kondisi vakum dan non vakum. Fabrikasi CIGS pada kondisi vakum membutuhkan perlengkapan khusus treatment khusus seperti kontrol suhu dan tekanan serta biaya produksi yang lebih besar sehingga pembuatan film CIGS dengan metode non vakum lebih diunggulkan. Terdapat beberapa jenis metode non vakum seperti elektrodeposisi spin coating dan spray pyrolysis. Elektrodeposisi merupakan metode yang paling diunggulkan karena sederhana tidak memerlukan peralatan vakum sehingga mengurangi biaya produksi stabil dan juga terbukti mampu membuat CIGS absorber layer. Pada penelitian ini CIGS difabrikasi menggunakan metode elektrodeposisi pada tegangan -1 Volt -1.5 Volt -2 Volt -2.5 Volt dan -3 Volt untuk mengetahui pengaruh tegangan terhadap mikrostruktur (struktur gugus fungsi morfologi dan komposisi) sifat optik serta performa (efisiensi dan fotorespons) CIGS absorber layer. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi tertinggi sebesar 1.125% dan fotorespons yang stabil dengan waktu respon tercepat sebesar 0.45 sekon pada sampel CIGS dengan penerapan tegangan sebesar -2.5 V. Hal tersebut sejalan dengan hasil karakterisasi lainnya seperti kurva potensial reduksi yang menunjukkan elemen Cu In Ga dan Se tereduksi secara optimal pada tegangan -2.5 Volt sehingga intensitas pada tegangan ini juga paling besar gugus fungsi yang hanya terbentuk pada tegangan -2.5 Volt dan -3 Volt hasil Uv-vis juga menunjukkan absorbansi tertinggi CIGS terbentuk pada 425 nm dengan band gap yang paling optimal sebesar 1.52 eV pada tegangan -2.5 Volt. Selain itu hasil karakterisasi SEM juga menunjukkan morfologi yang halus dan beraturan serta batas butir yang dapat dibedakan terdapat pada film CIGS dengan tegangan -2.5 Volt sedangkan untuk variasi tegangan lainnya menunjukkan morfologi yang kasar tidak beraturan serta batas butir yang tidak dapat dibedakan. Untuk memperoleh performa CIGS yang optimal diperlukan permukaan yang lebih beraturan. Hasil penelitian menunjukkan untuk memperoleh CIGS dengan performa yang optimal diperlukan penerapan tegangan elektrodeposisi sebesar -2.5 V.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262858

Actions (login required)

View Item View Item