Pengembangan buku infografis pengenalan ragam hias nusantara untuk peningkatan pemahaman peserta didik kelas vii SMP islam Sunan Gunung Jati / Erliana Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku infografis pengenalan ragam hias nusantara untuk peningkatan pemahaman peserta didik kelas vii SMP islam Sunan Gunung Jati / Erliana Effendi

Effendi, Erliana (2021) Pengembangan buku infografis pengenalan ragam hias nusantara untuk peningkatan pemahaman peserta didik kelas vii SMP islam Sunan Gunung Jati / Erliana Effendi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Effendi Erliana. 2021. Pengembangan Buku Infografis Pengenalan Ragam Hias Nusantara untuk Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Kelas VII SMP Sunan Gunung Jati. Tesis Program Studi Magister Keguruan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Iriaji S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Johannes Ananto P. M.Pd M.Ed. Kata Kunci Buku Infografis Ragam Hias Batik Nusantara. Pada abad 21 kini kemajuan zaman diiringi kemajuan teknologi yang berkembang pesat dengan lahirnya sebuah zaman yang dinamakan dengan era revolusi industri 4.0 identik dengan pemanfaatan internet dan kecanggihan komputer dalam aktifitas kehidupan sehari-hari disegala sektor. Tak luput juga dalam sektor pendidikaan yang dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkemangan di abad 21. Pendidikan yang ideal di abad 21 merupakan pendidikan yang mampu memenuhi kompetensi seperti memiliki kecakapakan HOTS berpusat kepada kemandirian peserta didik dan menguasai teknologi. Kompetensi peserta didik pada abad 21 yaitu (1) berpikir kritis dan menyelesaikan masalah (2) kreativitas (3) kemampuan berkomunikasi dan (4) kemampuan bekerja sama. Salah satu pembelajaran yang ideal untuk pendidikan di abad 21 adalah terciptanya kemandirian peserta didik. Kemandirian peserta didik bisa tercipta apabila guru dan prasarana saling mendukung untuk memfasilitasi peserta didik mengkontruksi pemahamannya sendiri. Media pembelajaran sebagai bagian prasarana merupakan komponen penting untuk menciptakan tercapainya kemandirian belajar peserta didik. Demikian juga guru berperan penting dalam memfasilitasi penggunaan media agar dapat dihasilkan sajian materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami peserta didik. Buku infografis merupakan sebuah alternatif yang dapat diterapkan pada berbagai jenis materi. Keunggulan buku infografis ini salah satunya adalah dapat menjadi jalan pintas untuk guru dengan mudah menerangkan sebuah materi tanpa siswa harus membaca teks tulis yang panjang-panjang. Keunggulan sebuah buku infografis dapat dipertimbangkan untuk media pembelajaran yang baik dan tercipta kemandirian peserta didik yang maksimal serta dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari teori pengembangan (Borg dan Gall) hal ini dikarenakan penyederhanaan dilakukan untuk menyesuaikan dengan penelitian yang peneliti lakukan. Tahapan penelitian ini terdapat 8 tahapan sebagai berikut (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba ahli dan validasi (5) revisi produk awal (6) uji coba kelompok kecil (7) uji coba lapangan (8) penyempurnaan produk akhir dan implementasi. Produk buku ini menjalani pengujian produk yang dilakukan oleh ahli-ahli dibidang materi dan media serta uji pengguna oleh guru dan peserta didik SMP Islam Sunan Gunung Jati. Data validasi produk buku infografis pengenalaan ragam hias batik dari berbagai ahli dan pengguna memiliki hasil sebagai berikut (1) data validasi oleh ahli materi didapatkan sebesar 87 8% berarti bahwa buku infografis pengenalan ragam hias batik yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan. (2) data validasi oleh ahli media sebesar 81 7% hal ini memiliki arti bahwa hasil prosentase ini memiliki kategori layak sehingga buku ini dapat dipergunakan. (3) data validasi pengguna oleh guru diperoleh sebesar 87 5% berati bahwa buku ini sangat layak sehingga buku ini dapat digunakan. (4) data validasi pengguna oleh peserta didik sebesar 86 6% hasil prosentasi tersebut memiliki arti yang sangat layak sehingga buku dapat dipergunakan. (5) data uji lapangan memperoleh prosentase awal sebesar 59% dan prosentase akhir sebesar 88% jika dilihat dari peningkatan perolehan prosentase maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi ragam hias sehingga buku ini telah layak dan dapat dipergunakan serta memenuhi tujuan dari penelitiana ini. Harapan dari pengembangan produk buku infografis ini agar diterima dengan baik dikalangan peserta didik sekolah menengah pertama. Selain itu besar harapannya untuk buku infografis ini dikemas menjadi e-book guna dapat dipergunakan secra praktis dan kekinian serta pengembangan buku infografis ini dapat dijadikan series dengan tema-tema lain mengenai kebudayaan yang ada di Nusantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262853

Actions (login required)

View Item View Item