Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek dengan menerapkan metode design thinking untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran kimia / YOEL UMBU RUNGA RITI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek dengan menerapkan metode design thinking untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran kimia / YOEL UMBU RUNGA RITI

Riti, Yoel Umbu Runga (2021) Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek dengan menerapkan metode design thinking untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran kimia / YOEL UMBU RUNGA RITI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehidupan di abad 21 berkembang amat pesat dan mensyaratkan keterampilan atau kompetensi tertentu untuk menghadapinya. Pendidikan memegang peran penting dalam membekali siswa dengan kompetensi-kompetensi tertentu untuk menghadapi abad 21. Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa. Berdasarkan data keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran kimia juga relatif rendah. Salah satu faktor penyebab dari kondisi tersebut adalah pelaksanaan pembelajaran yang masih konvensional dan berpusat pada guru. Karenanya diperlukan inovasi pembelajaran yang menitiksentralkan siswa dan bisa mengkondisikan siswa untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritisnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek yang menerapkan metode design thinking sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengimplementasikan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Lembar validasi lembar observasi angket dan tes esai digunakan sebagai instrumen dalam melaksanakan penelitian ini. Instrumen dimaksud berfungsi untuk memperoleh tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan dari model pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Model pembelajaran berbasis proyek dengan menerapkan metode design thinking beserta seluruh perangkat pembelajaran pendukung dinyatakan valid (2) Tingkat kepraktisan model pembelajaran dikategorikan sangat baik berlandaskan pada hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dikategorikan baik berlandaskan pada tanggapan siswa terhadap aktivitas pembelajaran (3) Model pembelajaran berbasis proyek dengan menerapkan metode design thinking cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia. Oleh sebab itu model pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262834

Actions (login required)

View Item View Item