Pengembangan multimedia interakif mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Kelas VII/ Wardia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interakif mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Kelas VII/ Wardia

Wardia (2022) Pengembangan multimedia interakif mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Kelas VII/ Wardia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardia. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kelas VII. Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Saida Ulfa S.T. M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII. Berbicara soal teknologi saat ini tentunya sudah sangat meluas dimana-mana contohnya setiap sekolah sudah memiliki yang namanya alat komputer yang dapat dipergunakan semestinya oleh pendidik dan peserta didik serta memiliki media visual yang mendukung berupa LCD namun kurang dalam pemanfaatannya menurut (Praherdiono et al. 2008) bahwa perkembangan teknologi saat ini dan pengetahuan semakin meningkat hal ini menjadi suatu harapan agar diperkaya media dan sumber belajar serta memberikan dampak positif pada proses pembelajaran. Agar pendidik dan peserta didik dapat memanfaatkan alat yang sudah disediakan maka sebagai pendidik perlu menciptakan suasana baru yaitu dengan membangun media pembelajaran yang dapat mengilustrasikan materi yang disampaikan. salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat mengilustrasikan materi yang akan disampaikan adalah dengan menggunakan media pembelajaran melalui komputer/laptop menurut (Yusuf et al. 2018). Sebelum membahas lebih jauh masalah media pembelajaran terlebih dahulu pengembang mengetahui apa itu media nah media merupakan suatu alat pengantar atau perantara dalam pembelajaran agar dapat teroptimalisasikan dalam belajar sedangkan menurut (Aqib 2014)media merupakan sebuah alat perantara atau pengantar adapun pendapat lain menurut (Arsyad 2014) penyampaian pesan dari pengirim ke penerima pesan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran . sehingga media pembelajaran perlu adanya pemanfaatan media yang relevan di dalam kelas dapat mengoptimalkan dalam proses pembelajaran membantu mengkongkritkan suatu konsep atau gagasan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada permasalahan yang ada adapun fokus penelitian yaitu sebagai pengembang dapat menyediakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis game penggunaan software constrac2 yang sudah di install pada penggunaan komputer atau laptop dan didasarkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang sekarang ini untuk menunjang keefektivitasan dalam proses pembelajaran di SMP. Berdasarkan hal penelitian tersebut yaitu pengembangan Multimedia Interaktif penggunaan software constrac2 dalam materi Hukum Bacaan nun Sukun/Tanwin sebagai sarana atau sumber belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan yaitu Research and Development dengan model Lee and Owens Pengembangan Multimedia Interaktif tersebut dilakukan melalui lima tahap Analisis desain pengembangan pemanfaatan pengelolaan serta penilaian. Dengan adanya pengembangan media yang dikembangkan yaitu multimedia interaktif tersebut menghasilkan seperangkat alat permainan. Alat permainan didesain dalam bentuk game dimana adanya interaktif antara media dan siswa. Siswa akan aktif pada permainan tersebut yang dikembangkan melalui mata pelajaran PAI khususnya di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar kelas VII. Data uji coba 1 ahli media 96 67% termasuk dalam kualifikasi valid untuk digunakan 2dari ahli materi 76 7% termasuk dalam kualifikasi valid untuk digunakan adapun 87 92% dari hasil uji coba perorangan termasuk dalam kualifikasi valid/layak untuk dilakukan penelitian sedangkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 91 25% termasuk dalam kategori layak/valid adapun uji coba lapangan atau kelompok besardiperoleh dengan persentase 91 49% termasuk dalam kualifikasi valid/layak untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan Multimedia Interaktif dinyatakan valid dalam pembelajaran untuk kelas VII SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Selanjutnya untuk melihat hasil belajar siswa dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 16Untuk uji paired sampel t-test sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif serta dapat dilihat juga dari segi N-gain score.untuk hasil N-gain score yaitu 0 5 termasuk dalam kategori sedang sedangkan hasil uji paired sampel t-test yaitu dengan uji signifikan (2-tailed) 0 000 lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262831

Actions (login required)

View Item View Item