Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning (PB) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP Tahfidz Al-Manshurin / Agung Aprianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning (PB) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP Tahfidz Al-Manshurin / Agung Aprianto

Aprianto, Agung (2021) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning (PB) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP Tahfidz Al-Manshurin / Agung Aprianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk ModelPembelajaran Berbasis Masalah dengan penguatan berpikir fleksibel ditunjangdengan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis PBL yang layak untukmeningkatkan hasil belajar IPA siswa aspek kognitif pada materi energi dalamkehidupan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Tahfidz AlManshurin sebanyak 50 siswa.Metode penelitian ini adalah pengembangan ADDIE data yang diperolehpada penelitian ini berupa data kelayakan produk lembar kerja siswa (LKS) hasilbelajar siswa dan respon siswa dan guru yang dianalisis secara kuantitatif. Hasilpenelitian menunjukkan produk lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkansangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA.Hasil penelitian adalah sebagai berikut pertama keterlaksanaan prosespembelajaran pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem BasedLearning (PBL) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajarankonvensional berlangsung sangat baik. Kedua pengaruh model Problem BasedLearning (PBL) lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dalammeningkatkan hasil belajar kognitif secara statistic skor gain berbeda signifikan 0 0001. Ketiga pengaruh model Problem Based Learning (PBL) lebih baikdibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasilbelajar kognitif.Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwasanya guru IPA dapatmenggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)dengan keterampilan fleksibilitas untuk memperbaiki hasil belajar kognitif siswamengenai materi energi dalam kehidupan. Penelitian lainnya diharapkan dapatmeningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaranberbasis masalah mengenai materi energi dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 03:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262830

Actions (login required)

View Item View Item