Penerapan metode permainan untuk meningkatkan kualitas proes dan hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah manusia di SLTP Negeri 1 Tirtoyudo Malang oleh Riche Nurma Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode permainan untuk meningkatkan kualitas proes dan hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah manusia di SLTP Negeri 1 Tirtoyudo Malang oleh Riche Nurma Wijaya

Wijaya, Riche Nurma (2010) Penerapan metode permainan untuk meningkatkan kualitas proes dan hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah manusia di SLTP Negeri 1 Tirtoyudo Malang oleh Riche Nurma Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK WijayaR icheN urma.2004.P enerapanM elodeP ermainan JntukM eningkatkan Kualitas Proses dan hasil Belaiar Bialogi Konsep sistem sirkulasi Darah Manusia di SL /P Negeri I l irtoltudo Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UniversitasNegerMi alang.P embimbing( I ) Drs. Pudyo SusantoM .Pd ( II) Dra. Titi Judani M .Kes. KataK unci metodep ermainank u alitasp rosesh asilb elajarb iologi s istems irkulasi darah manusia Dalam pembelajaranb iologi banyakf enomenay ang tidak dapatd itunjukkan melaluip engamatanla ngsung k arenaf enomenanyate rdapatd i dalams uatut empat yangt ertutup.K onseps istems irkulasi darahm anusiam erupakank onsepy ang sulit diamatis ecarala ngsung d an untuk memahaminyad iperlukano aray ang tepat dalam pembelajaranM. etode permainand apatd iiadikan sebagaai lternatif carad alam pembelajarakno nseps istems irkulasi darahm anusia.P enerapanm etodep ermainan diharapkand apatm eningkatkank ualitas prosesp embelajarand an hasil belajar biologi. Penelitian bertujwn untuk mengetahui 1) aktivitas dan ketrampilan siswa dalamm elaksanakanp ermainanp adap embelajarank onseps istems irkulasi darah manusia2 ) ketrampilanp rosesy ang bisa dilatihkan padas iswad alamp embelajaran konseps istems irkulasid arahm anusiad enganm etodep ermainan3 ) tingkat penguasaasr iswat entangk onseps istems irkulasi darahm anusias etelahd ialarkan denganm etodep ermainan 4 ) tanggapans iswat erhadapp embelajarand enganm etode permainanp adak onseps istems irkulasi darahm anusia 5 ) tanggapang uru terhadap pembelajaradne nganm etodep ermainanp adak onseps istems irkulasid arahm anusia. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 2 siklust indakan y aitu observasi p erencanaatnin dakan.p elaksanaantin dakand an refleksi.S ubyekp enelitiana dalahs iswak elas2 C dan 2D. Teknik pengumpuland ata dilakukand enganm enggunakanlembaorb servaspi elaksanaapne mbelajaraunn tuk sisrvad an gwu angkets iswa w awancarad engang uru dan siswad an tes hasil belajar. Analisisd atas ecarad eskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahua l) banyak aktivitas yang dilakukan siswas elamap embelajarans e hinggab anyakk etrampilany anga kand i miliki sisrva melalui aktivitas tersebut 2) ketrampilan proses yang bisa dilatihkan pada siswa setelahd iajard enganm etodep ermainanb efinacam-macadmia nlaranyao b servasi mengklasifikasikanm engkomunikasikanm enyimpulkan r nencarih ubunganr uang mengaplikasikamn e mbuaht ipotesisd anm elaksanakapne rcobaan3 ) Tingkat penguasaasni swat entangk onseps istemp eredarand arahm anusias etelahd iajar denganm enggunakanm etodep ermainand apatd ilihat dari datah asil permainan gambard an nilai post tes siswa P enguasaasni swat entangk onseps istemp eredaran darahm anusiad ilihat dari datah asilp ermainang ambarp adas iklus2 lebihb aik dibandingkanp adas iklus 1. Padas iklus 2 semuak elompok benard alam menunjukkans iklus peredarand arahs edangkanp adas iklus t hanya4 kelompok I yangh nar dalamm enunjukkans iklusp eredarand arah.R ata-ratan ilai postt ess iswa pada siklus 2 lebih baik daripada siklus 1 4) tanggapn siswa terhadap model pembelajaradne nganp ermainans angapt ositif s iswam enjadis enangd ana ntusias dalamb elajar5 ) grnum emberikanre spony ing positif terhadapp embelajaran denganm enggunakamn etodep ermainan k arenad enganm etodei ni sislla menjadi aktifd alamb elajard ant erampild alamm enyelesaikamn asalahG. uruj uga memberi sarana gard alamp elaksanaanp ermainang uru lebih banyakm embimbings iswa d an jugap erlud iperhatikand alamp enggunaanw aktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item