Pengembangan mobile game based learning kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar / Hanik Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile game based learning kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar / Hanik Farida

Farida, Hanik (2022) Pengembangan mobile game based learning kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar / Hanik Farida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era digital seperti sekarang ini manusia semakin banyak yang bersinggungan dan menggunakan gadget. Berkembangnya teknologi membuat banyak inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan gadget sebagai sarana pembelajaran. Gadget dapat dipakai untuk mengakses game. Game untuk pembelajaran yang bisa diakses dengan gadget disebut mobile game based learning. Mobile game based learning ini didefinisikan dengan bentuk pembelajaran yang berpusatkan terhadap pebelajar yang memanfaatkan kegunaan game elektronik (digital) untuk tujuan pembelajaran yang dilaksanakan (Prasetya 2014). Media pembelajaran dengan perangkat mobile bertujuan untuk proses belajar sepanjang waktu (long life learning). Siswa bisa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tidak terbatas ruang dan waktu dalam kegiatannya (Munir 2017). Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran Bahasa Arab yang sesuai dengan perkembangan teknologi kebutuhan pembelajaran dan karakter siswa sekolah dasar. Hasilnya adalah mobile game based learning kosakata Bahasa Arab yang disesuaikan dengan salah satu kebutuhan pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun dengan perangkat teknologi berupa gadget selain itu juga dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau di luar sekolah kemudian media disesuaikan dengan karakter anak senang bermain dengan memberikan permainan-permainan untuk belajar kosakata Bahasa Arab sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Lee amp Owen (2004). Produk pengembangan ini mendapat hasil persentase kelayakan media sebesar 98 75% dan kelayakan materi sebesar 81 25%. Adapun persentase kelayakan produk dalam uji coba kelompok kecil sebesar 92 75% dan persentase kelompok besar sebanyak 84 65%. Hasil tersebut berada pada kategori A dengan persentase 76% - 100% yang berarti masuk dalam kriteria Valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas 3 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 00:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262828

Actions (login required)

View Item View Item