Pengembangan panduan pelatihan teknik self control untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa sma / Maria Gregoria Nona Diogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan teknik self control untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa sma / Maria Gregoria Nona Diogo

Diogo, Maria Gregoria Nona (2021) Pengembangan panduan pelatihan teknik self control untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa sma / Maria Gregoria Nona Diogo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Diogo Maria Gregoria Nona. 2021. Pengembangan Panduan Pelatihan Teknik Self Control untuk Mereduksi Perilaku Agresif Fisik Siswa SMA .Tesis. Program Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. (2) Prof. Dr. IM Hambali M.Pd. Kata Kunci Teknik Self Control Perilaku Agresif Fisik Siswa SMA. Perilaku agresif fisik merupakan luapan emosi amarah dan dendam dari individu yang tidak bisa dikendalikan sehingga memunculkan perilaku yang bertujuan untuk menyakiti secara fisik. Perilaku agresif fisik yang dilakukan oleh remaja di Indonesia akhir-akhir ini seringkali membuat kekhawatiran yang sangat memprihatinkan dan menjadi penghambat proses pengembangan potensi dan kemampuan siswa. Peneliti mendapatkan data bahwa banyaknya kasus perilaku agresif fisik yang cenderung meningkat dalam lingkungan sekolah dan juga diluar lingkungan sekolah SMA St Thomas Aquino Kaimana. Menurut pemaparan konselor untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan adanya media bimbingan yang dapat membantu konselor untuk mengatasi perilaku agresif fisik siswa yang dapat digunakan untuk memberikan program layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan teknik self control untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa. Teknik self control memampukan idividu dalam mengatur membimbimbing dan mengarahkan segala bentuk perilaku yang dapat membawa individu ke arah positif. Melalui pelatihan teknik self control mengajarkan individu untuk berpikir dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan sebelum bertindak. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan teknik self control untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa SMA dengan memenuhi kriteria keberterimaan produk secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan kegunaan kelayakan kemudahan serta kemenarikan. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall (1983). Instrumen penggumpulan data yang digunakan yaitu instrumen penilaian ahli BK instrumen penilaian ahli media BK dan instrumen penilaian calon pengguna. Kelayakan panduan ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh dua orang ahli BK dua orang ahli media BK dan uji calon pengguna yang dilakukan oleh dua orang guru bimbingan dan konseling SMA. Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Analisis hasil penilaian uji ahli dan calon penguna menggunakan inter-rater agreement model yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberterimaan panduan. Hasil penilaian dari ahli BK sebesar 1 00 yang memiliki angka validitas sangat tinggi ahli media memberikan penilaian 1 00 yang memiliki angka validitas sangat tigggi dan calon pengguna memberikan penilaian 1 00 yang memiliki angka validitas sangat tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria keberterimaan produk. Data verbal berupa masukan kritik saran dari ahli BK ahli media BK dan calon penguna. Data verbal diuraikan secara deskriptif dan jelas untuk memperbaiki produk sehingga panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria keberterimaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan peneliti memberikan saran bagi guru BK SMA untuk menerapkan pelatihan teknik self control dengan menggunakan konseling kelompok untuk mereduksi perilaku agresif fisik siswa dengan mengikuti prosedur-prosedur yang tertera pada panduan. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan pelatihan mengenai penerapan panduan kepada guru BK sebagai calon pengguna sehingga pelaksanaan pemberian pelatihan di sekolah lebih efektif dilaksanakan dan tidak mengalami kendala. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengkajian lebih lanjut jika diterapkan di sekolah lain. Peneliti selanjutnya disarankan melakukan pengkajian teknik dalam bimbingan dan konseling sehingga menjadi ide penelitian lanjutan dengan tujuan menambah referensi teknik. Peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk melakukan uji efektivitas dengan metode eksperimen. -

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262824

Actions (login required)

View Item View Item