Pengembangan aplikasi karier (aplikar) berbasis android untuk perencanaan karier siswa SMA berdasarkan teori holland / Wiwik Widati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi karier (aplikar) berbasis android untuk perencanaan karier siswa SMA berdasarkan teori holland / Wiwik Widati

Widati, Wiwik (2021) Pengembangan aplikasi karier (aplikar) berbasis android untuk perencanaan karier siswa SMA berdasarkan teori holland / Wiwik Widati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widati Wiwik. 2021. Pengembangan Aplikasi Karier (APLIKAR) Berbasis Android Untuk Perencanaan Karier Siswa SMA Berdasarkan Teori Holland. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Adi Atmoko M.Si (2) Dr. M. Ramli M.A Kata Kunci Teori Holland Perencanaan Karier APLIKAR Karier merupakan bagian dari perjalanan hidup yang akan ditempuh dan dialami oleh setiap orang. Setiap orang mempunyai keinginan untuk sukses mencapai karier yang baik. Karier merupakan wadah yang dapat membantu seseorang untuk mengembangkan keahlian menetapkan tujuan hidup memberikan nilai dan membangun kararkter. Sehingga pemilihan karier yang tepat dapat memberikan seseorang rasa nyaman dalam bekerja selain itu nilai dan tujuan hidup menjadi lebih berguna. Ketepatan dalam memilih karier tentunya berbanding lurus dengan minat yang dimiliki dan keterampilan orang tersebut. Namun pada kenyataannya yang sering terjadi pada siswa SMA yang hendak melanjutkan ke jenjang karier banyak ditemukan bahwa keputusan karier terhadap minat kebutuhan keahlian atau kepribadiannya tidaklah selalu cocok dengan lingkungan pekerjaan yang dipilihnya. Memilih karier terutama bagi siswa bukan hal yang mudah untuk dipilih. Pada massa SMA siswa masih dalam tahap menentukan karier yang cenderung berubah-ubah. Siswa kurang konsisten karena banyaknya pertimbangan-pertimbangan yang dihadapi. Meskipun begitu siswa SMA diminta untuk dapat menentukan karier ketika sudah mendekati masa kelulusan. Siswa SMAN 1 Singosari dalam merencanakan kariernya masih berdasarkan pertimbangan orang tua atau apa kata orang tua mereka memilih karir tidak berdasarkan minat dan bakat apalagi kepribadiannya sehingga menyebabkan siswa dalam menjalani kariernya terjadi permasalahan dikemudian hari siswa tersebut mengalami kegagalan bahkan drop out dan tidak semangat dalam belajar. Pengembangan aplikasi yang menunjang siswa dalam pemilihan karier sangat dibutuhkan sebagai pendekatan baru guna membantu tugas guru BK. Pengembangan aplikasi bimbingan karier diharapkan dapat menjadi solusi bagi guru dan juga siswa terhadap kemampuan dalam memilih karier yang sesuai. Aplikasi perencanaan karier sangat bermanfaat bagi siswa karena lebih membantu siswa dalam menentukan jenjang karier setelah lulus dari SMA dan kecocokan antara kepribadiannya dengan lingkungan pekerjaan. Pengembangan aplikasi tersebut akan membantu mematangkan karier siswa. Siswa akan lebih banyak memiliki informasi tentang karier dan memiliki sikap serta keputusan yang tepat dalam menentukan arah karier kedepannya. Informasi yang tepat akan membantu siswa untuk peduli terhadap kariernya. Pengembangan aplikasi menggunakan sisem operasi android pada smartphone. Hal ini dikarenakan mayoritas 90 5% siswa SMA berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada 5 sekolah di kabupaten malang menggunakan smartphone dengan system operasi android. Sehingga peneliti mengambil judul ldquo Pengembangan Aplikasi Karier (APLIKAR) Berbasis Android untuk Perencanaan Karier Siswa SMA Berdasarkan Teori Holland rdquo Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg amp Gall namun dalam melakukan pengembangan peneliti meringkas menjadi 7 tahap yang tidak menghilangkan tahapan yang ada pada teori Borg amp Gall. Sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas XII yang terdiri dari 4 siswa pada 5 SMAN di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang yang dikembangkan oleh Bassam dkk (2011) mengikuti beberapa karakteristik diantaranya Functionality Reliability Perfomance Usability dan Portability. Instrumen angket terdiri dari skala linkert yang terdiri dari angka 1 sampai 4. Terdapat empat instrument angket dalam penelitian ini yaitu 1) instrument validasi materi APLIKAR 2) instrument validasi TI APLIKAR 3) instrument validasi buku panduan APLIKAR dan 4) instrument keberterimaan APLIKAR. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif berupa angka yang diisi pada angket dan kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis data dilakukan pada tahap validasi materi validasi TI dan uji keberterimaan APLIKAR. Data validasi dan uji keberterimaan dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil validasi materi oleh dua validator diperoleh nilai rata-rata dengan kriteria valid dengan ketentuan variabel performance (3.42) variable usability (3.46) variable functionality (3.5) variable portability (3.75) variable reliability (4 00). Hasil validasi TI oleh dua validator diperoleh nilai rata-rata dengan kriteria valid dengan ketentuan variabel usability (3.73) variable performance (3.78) variable reliability (3.89) variable functionality (3.90) variable portability (4 00). Hasil uji keberterimaan pada uji lapangan diperoleh nilai rata-rata tiap variable pada kriteria diterima dengan ketentuan variabel functionality (3.38) variabel usability (3 63) variabel reliability dan variable portability (3.65) dan variabel performance (3.70). Hasil keseluruhan uji keberterimaan APLIKAR diperoleh nilai rata-rata 3.60 dengan kriteria diterima/layak. Dengan demikian produk APLIKAR telah didiseminasikan dan disebarkan pada skala terbatas yang dihadiri oleh 23 peserta dari anggota MGBK SMA Kab Malang. Saran pada penelitian ini diharapkan dilaksanakan penelitian lebih lanjut sampai pada tahap uji efektivitas produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262823

Actions (login required)

View Item View Item