Pengembangan website bimbingan karier holland bagi siswa SMP / Laila Nida'ul Hikmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan website bimbingan karier holland bagi siswa SMP / Laila Nida'ul Hikmah</p>

Hikmah, Laila Nida'ul (2021) Pengembangan website bimbingan karier holland bagi siswa SMP / Laila Nida'ul Hikmah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hikmah Laila Nida rsquo ul. 2022. Pengembangan Website Bimbingan Karier Holland bagi Siswa SMP. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. (2) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci website bimbingan karier holland Perencanaan karier siswa melibatkan pengidentifikasian tujuan-tujuan yang berkaitan dengan karier dan penyusunan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan karier di masa depan memerlukan pemahaman terhadap diri sendiri berupa pemahaman terhadap kelebihan dan kelemahan bakat minat kepribadian/sifat kemampuan nilai dan cita-cita siswa. Selanjutnya pemahaman karier seperti peran dalam dunia kerja. Siswa yang memiliki pemahaman diri yang baik mampu merencanakan karier yang matang. Namun faktanya masih banyak ditemui siswa yang belum memiliki pemahaman diri untuk kariernya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk website bimbingan karier Holland bagi siswa SMP. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan Borg amp Gall (1983) yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian melalui tujuh tahap yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk awal uji ahli revisi produk awal uji calon pengguna dan revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket yang sesuai dengan spesifikasi akseptabilitas. Subjek uji coba dilakukan oleh 2 ahli BK dan 2 ahli media sedangkan uji coba calon pengguna dilakukan oleh 2 guru BK serta uji keterbacaan dilakukan oleh 5 siswa. Uji coba ahli oleh ahli BK untuk memberikan penilaian isi materi dan ahli media pembelajaran untuk menilai format produk. Uji coba calon pengguna dilakukan oleh guru BK untuk memberikan penilaian secara keseluruhan produk baik dari isi materi dan format. Data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data angka didapatkan melalui analisis validitas antar rater (ahli) yang dianalisis dengan menggunakan interrater aggrement model (Gregory 2013). Data kualitatif didapatkan melalui analisis interpretasi secara deskriptif. Hasil penilaian dari 2 ahli BK menghasilkan keberterimaan produk pada aspek ketepatan (1 00) kategori sangat tinggi kejelasan (1 00) kategori sangat tinggi dan kegunaan (0 80) kategori tinggi dari ketiga aspek tersebut artinya produk layak digunakan. Sedangkan pada ahli media indeks validitas yaitu pada aspek ketepatan (1 00) kategori sangat tinggi kejelasan (1 00) kategori sangat tinggi dan kegunaan (1 00) kategori sangat tinggi dari ketiga aspek tersebut artinya produk layak digunakan. Penilaian 2 calon pengguna (guru BK) pada aspek kegunaan (1 00) kategori sangat tinggi kemudahan (1 00) kategori sangat tinggi dan kemenarikan (1 00) kategori sangat tinggi dari ketiga aspek tersebut artinya produk layak digunakan dan uji keterbacaan 5 siswa pada aspek kegunaan kemudahan dan kemenarikan dari keseluruhan penilaian didapatkan hasil sebesar 0 89 (sangat tinggi) sehingga produk layak digunakan. Simpulan penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan menghasilkan media website untuk pemahaman diri siswa dalam merencanakan kariernya yang telah divalidasi dengan diujikan oleh ahli BK ahli media dan calon pengguna (guru BK) sehingga kriteria ketepatan kejelasan kegunaan kemudahan dan kemenarikan telah terpenuhi dari media yang telah dikembangkan untuk diberikan pada siswa SMP. Saran pemanfaatan produk selanjutnya yaitu (1) sebelum menggunakan web siapa aku diharapkan siswa dan guru BK membaca terlebih dahulu buku panduan penggunaan web siapa aku (2) diharapkan guru BK dapat menggunakan hasil pengembangan ini dalam praktek di sekolah (3) produk website dirancang hanya memuat informasi sekolah lanjutan SMA dan SMK disarankan untuk peneliti selanjutnya menambahkan sekolah MA (4) informasi jenis pekerjaan hanya memuat daftar pekerjaan saja sehingga untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan deskripsi pekerjaan (5) bagi peneliti selanjutnya produk ini hanya sampai pada tahap revisi produk setelah uji calon pengguna sehingga perlu dilanjutkan uji efektivitas produk (6) mengembangkan bagian-bagian website yang belum dikembangkan oleh peneliti dengan konten yang lebih rinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262821

Actions (login required)

View Item View Item