Nuryati, Ayu Alif Nuryati (2021) Pengembangan website media bimbingan karier berdasarkan teori anna roe bagi siswa ma / AYU ALIF NURYATI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nuryati Ayu Alif. 2021. Pengembangan Website Media Bimbingan Karier Berdasarkan Teori Anna Roe Bagi Siswa MA. Tesis Program Studi MagisterBimbingandan Kon- seling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas NegeriMalang Pembimbing (1) Dr. Muslihati S. Ag. M.Pd (2) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci Website Bimbingan Karier Teori Anna Roe Pengembangkan Website Media Informasi Karier Berdasarkan Teori Anna Roe Bagi Siswa MA Al Hidayah adalah kegiatan bimbingan karier yang memberikan infotmasi bagi siswa dalam menentikan karier untuk masa depan. Tujuan penelitin ini adalah menghasilkan Website Media Informasi Karier bagi siswa dari segi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Pengembangan website informasi karier bagi siswa MA Al Hidayah ini dalam prosesnya dilakukan hanya sampai pada tahap ke tujuh saja yakni yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk awal uji ahli revisi produk awal uji calon pengguna dan revisi produk akhi. Data penelitian produk dilakukan dengan teknik kuesioner penilaian produk dan data kuesioner kebutuhan website informasi karier siswa bagi calon pengguna. Analisa uji produk dalam penelitian ini menggunakan adalah tehnik inter-rater agreement oleh ahli BK dan ahli media (Gregory 2011). Subjek uji coba produk adalah ahli media (2 dosen ahli) ahli Bimbingan dan Konseling (2 dosen ahli) uji guru bimbingan dan konseling sekolah (2 guru bimbingan dan konseling) dan uji coba pengguna yaitu siswa plusmn 5 siswa.. cara untuk mengakses website guru bimbingan dan konseling dan siswa dapat mengunjun- gi linkhttps //nyckistudio.id/projects/mycareersharingsite.site/ . Hasil penelitian pengembangan website informasi karier bagi siswa MA Al Hidayah ini menunjukkan bahwa penilaian dari Ahli materi BK menunjukkan aspek ketepatan indeks sebesar 0 34 aspek kejelasan indeks sebesar 0 50 aspek kegunaan indeks sebesar 0.36 dan aspek kemenarikan indeks sebesar 0 dan uji ahli media menunjukkan aspek ketepatan indeks sebesar 1 00 aspek kejelasan indeks sebesar 1 00 aspek kegunaan indeks sebesar 1 00 dan aspek kemenarikan indeks sebesar 1 00 uji calon pengguna siswa menunjukkan aspek ketepatan indeks sebesar 1 00 aspek kejelasan indeks sebesar 0 90 aspek kegunaan indeks sebesar 0.50 dan aspek kemenarikan indeks sebesar 1 00. Dan calon pengguna guru BK menunjukkan aspek ketepatan indeks sebesar 1 00 aspek kejela- san indeks sebesar 1 00 aspek kegunaan indeks sebesar 1 00 dan aspek kemenarikan in- deks sebesar 1 00. Kesimpulan dari perhitungan tersebut dapat penulis jelaskan dan menunjukkan hasil untuk uji ahli media memiliki penilaian sangat tinggi 1 00 dan memilikik hasil keterberterian yang baik dan menarik. Untuk uji ahli materi BK memiliki penilaiansedang 0 30.dan memiliki hasil yang kurang dan memerlukan revisi untuk isi konten website tersebut. Untuk calon pengguna siswa memiliki penilaian tinggi 0 85. Untuk calon pengguna guru BK memiliki penilaian sangat tinggi 1 00. Data disajikan dalam bentuk data kuantitatif yakni berupa hasil penilaian kuesioner dari ahli bimbingan dan konseling ahli media dan calon pengguna dengan menggunakan teknik inter-rater agreement. Penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan menghasilkan media website untuk siswa dalam mendapatkan informasi kariernya yang telah divalidasi dengan diujikan oleh ahli BK ahli media dan calon pengguna (guru BK) sehingga kriteria ketepatan kejelasan kegunaan kemudahan dan kemenarikan telah terpenuhi dari media yang telah dikembangkan untuk diberikan pada siswa SMP. Saran pemanfaatan produk selanjutnya yaitu (1) sebelum menggunakan web siapa aku diharapkan siswa dan guru BK membaca terlebih dahulu buku panduan penggunaan website My Career Sharing Site (2) diharapkan guru BK dapat menggunakan hasil pengembangan ini dalam praktek di sekolah (3) produk website dirancang hanya memuat informasi karier disarankan untuk peneliti selanjutnya menambahkan sekolah selain MA (4) informasi jenis pekerjaan hanya memuat daftar pekerjaan saja sehingga untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan deskripsi pekerjaan (5) bagi peneliti selanjutnya produk ini hanya sampai pada tahap revisi produk setelah uji calon pengguna sehingga perlu dilanjutkan uji efektivitas produk (6) mengembangkan bagian-bagian website yang belum dikembangkan oleh peneliti dengan konten yang lebih rinci
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |