Pengembangan panduan bimbingan kelompok model art group therapy (magt) bermuatan nyethe untuk mereduksi kecemasan sosial Siswa SMA / Ninda Hidayatul Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok model art group therapy (magt) bermuatan nyethe untuk mereduksi kecemasan sosial Siswa SMA / Ninda Hidayatul Rahmawati

Rahmawati, Ninda Hidayatul (2021) Pengembangan panduan bimbingan kelompok model art group therapy (magt) bermuatan nyethe untuk mereduksi kecemasan sosial Siswa SMA / Ninda Hidayatul Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja SMA mengalami perkembangan holistik termasuk perkembangan sosial yang menjadi fondasi pada tahap perkembangan berikutnya. Tetapi banyak remaja tidak dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan social yang terjadi sehingga timbul berbagai masalah seperti kecemasan sosial. Pada taraf tertentu ketika kecemasan sosial muncul secara berlebih dan irasional maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan jika tidak diatasi dengan segera dalam jangka waktu yang lama dapat berlanjut menjadi fobia sosial. Data hasil asesmen pendahuluan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan gejala kecemasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan bimbingan kelompok model art group therapy bermuatan budaya nyethe untuk membantu mereduksi kecemasan sosial siswa SMA yang teruji dari aspek kegunaan kelayakan ketepatan dan kepatutan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain penelitian ADDIE (Analyze Design Develop Implementation Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu skala kecemasan sosial instrumen uji ahli materi BK instrumen uji ahli media pembelajaran instrumen uji ahli budaya serta instrumen calon pengguna. Instrumen validasi ahli tersebut dianalisis menggunakan model interrater agreement untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan produk panduan. Untuk mengetahui tingkat efektifitas produk panduan peneliti melaksanakan uji lapangan dalam bentuk uji kelompok kecil. Hasil uji produk dari validator ahli BK memiliki indeks validitas 1 kategori ldquo sangat tinggi rdquo ahli media menunjukkan validitas 1 ldquo sangat tinggi rdquo ahli budaya sebesar 0 85 kategori ldquo sangat tinggi rdquo dan calon pengguna 0 93 kategori ldquo sangat tinggi rdquo . Sehingga disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dari berbagai aspek yang telah ditentukan dan dinyatakan layak untuk dipergunakan oleh guru BK sebagai media layanan bimbingan kelompok. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya penurunan skor. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai Z sebesar -2.208 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya mencakup (1) guru BK hendaknya memahami prosedur dan materi yang terdapat dalam panduan ini untuk memaksimalkan layanan (2) guru BK dapat melakukan tindak lanjut dan monitoring kepada siswa setelah melakukan proses layanan (3) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba terkait dengan keefektifan produk panduan ini dengan rancangan true experiment guna mengetahui efektif atau tidaknya produk panduan yang telah dikembangkan oleh peneliti ini (4) Penelitian dan pengembangan model art group therapy bermuatan nyethe ini dilakukan untuk membantu mengatasi atau mengurangi kecemasan sosial siswa SMA maka peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengkajian lebih mendalam apabila diterapkan untuk melakukan intervensi dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262817

Actions (login required)

View Item View Item