Pengembangan panduan bimbingan teknik assertive training melalui media autoplay untuk mencegah pelecehan seksual pada siswa SMP / Rona Rohmah Dini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan teknik assertive training melalui media autoplay untuk mencegah pelecehan seksual pada siswa SMP / Rona Rohmah Dini

Dini, Rona Rohmah (2022) Pengembangan panduan bimbingan teknik assertive training melalui media autoplay untuk mencegah pelecehan seksual pada siswa SMP / Rona Rohmah Dini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Assertive Training merupakan sebuah keterampilan ketegasan yang tidak semata-mata didapat sejak lahir namun perlunya sebuah pelatihan dan pembiasaan agar dapat memiliki keterampilan assertive. Keterampilan asertif merupakan teknik dalam bimbingan dalam penelitian ini digunakan untuk pencegahan pelecehan seksual dengan melatif keterampilan ketegasan. Media yang dipilih dalam penelitian dan pengembangan adalah media Autoplay karena pengoperasiannya mudah dan tidak perlu keahlian khusus. Tujuan penelitian dan pengembangan diperoleh deskripsi format panduan bimbingan teknik assertive training melalui media autoplay untuk mencegah pelecehan seksual pada siswa SMP dan diperoleh deskripsi konten panduan bimbingan teknik assertive training melalui media autoplay untuk mencegah pelecehan seksual pada siswa SMP. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg amp Gall dari sepuluh tahapan pengembangan peneliti memodifikasi menjadi lima tahapan yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) melakukan validasi produk (5) revisi atau penyempurnaan produk. Subjek penelitian adalah ahli materi dari dosen bimbingan dan konseling ahli media dari dosen teknologi pendidikan dan calon pengguna produk yaitu guru BK SMPN 1 Bancar Kabupaten Tuban. Analisis hasil uji validasi menggunakan interrater agreement model untuk mengetahui keberterimaan produk. Hasil analisis uji validasi ahli bimbingan dan konseling memperoleh indeks sebesar 1 merupakan kategori ldquo sangat tinggi rdquo hasil analisis uji validasi ahli media pembelajaran memperoleh indeks 1 merupakan kategori ldquo sangat tinggi rdquo dan hasil analisis calon pengguna produk memperoleh 1 merupakan masuk kategori ldquo sangat tinggi rdquo . Dapat disimpulkan bahwa sesuai penilaian aspek ketepatan kegunaan kepraktisan dan kemenarikan produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dan layak digunakan sebagai media layanan bimbingan dan konseling untuk mencegah pelecehan seksual. Panduan ini merupakan salah satu media yang bertujuan untuk melatih keterampilan asertif untuk mencegah pelecehan seksual siswa. Pada panduan bimbingan ini menggunakan media berbasis autoplay oleh sebab itu Guru BK/Konselor hendaknya mempelajari terlebih dahulu langkah-langkah pengaplikasian media autoplay sebelum memanfaatkan panduan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262814

Actions (login required)

View Item View Item