Pengembangan panduan pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal bagi santri madrasah aliyah berbasis model structured learning approach (sla) / Akhmad Syah Roni Amanullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal bagi santri madrasah aliyah berbasis model structured learning approach (sla) / Akhmad Syah Roni Amanullah

Amanullah, Akhmad Syah Roni (2021) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal bagi santri madrasah aliyah berbasis model structured learning approach (sla) / Akhmad Syah Roni Amanullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amanullah Akhmad Syah Roni. 2021. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Komunikasi Interpersonal bagi Santri MA Berbasis Model SLA. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Muslihati M.Pd. (2) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata kunci santri komunikasi interpersonal structured learning approach (SLA) Di madrasah utamanya santri baru yang berada padakelas X mereka banyak mengalami kesulitan dalam rangka mencari ilmu di madrasah. Permasalahan pertama yang menjadi kesulitan bagi mereka adalah berkaitan dengan komunikasi interpersonal yang merupakan bentuk komunikasi dan interaksi antar individu dengan individu yang lainnya. Meski dalam lembaga pendidikan terdapat masa orientasi pada awal masuk madrasah namun kenyataannya tidak semua santrimemiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik setelah mereka mengikuti masa orientasi di madrasah.Kesulitan menjalin komunikasi interpersonal inidialami oleh sebagian besar santri kelas X Madrasah Aliyah (MA) Mamba rsquo ul Ma rsquo arif Denanyar Jombang. Saat peneliti melakukan observasi dan wawancara terhadap santri kelas X MA Mamba rsquo ul Ma rsquo arif setidaknya terdapat 24 santriyang masuk dalam kategori memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang cukup rendah. Indikator rendahnya keterampilan komunikasi 24 siswa tersebut ditandai dari (1) rendahnya sikap empati dan tidak peduli terhadap teman yang mengalami kesulitan belajar (2) membuat-buat alasan yang tidak sesuai dengan kenyataan untuk bolos dan (3) tidak berani bertanya kepada bapak/ibu guru saat mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut peneliti kemudian membuat suatu produk buku pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal santri MA berbasis model Strutured Learning Approach (SLA) dengan tujuan agar keterampilan komunikasi interpersonal santri MA kelas X dapat mengalami peningkatan yang signifikan utamanya pada aspek empati kejujuran dan ketegasan.SLA merupakan suatu metode pelatihan pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan seorang santri termasuk dapat digunakan untuk melatih keterampilan komunikasi interpersonal santri MA di sekolah. Metode pelatihan SLA ini memiliki lima tahapan secara hierarki yaitu instruction/teach (arahan) modeling/show (pemberian model) role-play/practice (bermain peran) feedback/reinforce (pemberian umpan balik) dan ownwork/apply the skill outside the group setting (pemberian tugas). Dalam penelitiannya peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) milik Borg and Gall sebagai metode penelitian sekaligus untuk mengembangkan produk berupa buku pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal santri MA berbasis model SLA. Dalam penelitian dan pengembangan ini peneliti hanya mengambil lima langkah dari tahapan penelitian R amp D yaitu studi pendahuluan perencanaan pembuatan draf produk pengembangan produk uji coba ahli dan revisi produk berdasarkan saran ahli. Pengembangan produk merupakan tahapan dimana peneliti membuat draft produk buku panduan keterampilan komunikasi secara keseluruhan. Uji coba ahli merupakan uji kelayakan ketepatan kegunaan dan kemenarikan produk buku panduan yang dilakukan oleh para ahli yang telah ditunjuk. Uji ahli terdiri dari dua ahli materi bimbingan dan konseling dua ahli media pembelajaran dua ahli bahasa Indonesia serta dua guru BK sebagai calon pengguna produk buku panduan pelatihan. Dari uji coba ahli terhadap produk berupa buku panduan pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal bagi santri MA berbasis model SLA ini diperoleh hasilindeks validitasproduk secara keseluruhan sebesar 0 86 (sangat baik). Dengan rincian 0 84 hasil dari uji ahli materi. Indeks validitas0 96 hasil dari uji ahli media. 0 81 nilai indeks validitas dari uji ahli bahasa dan 0 81 indeks validitas dari calon pengguna yaitu guru BK. Dengan demikian produk panduan pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal bagi santri madrasah aliyah berbasis model SLA sangat layak untuk digunakan oleh guru BK di madrasah. Saran selanjutnya mencakup (1) saran untuk guru BK yaitu guru BK dapat melakukan pengukuran pemahaman siswa terhadap keterampilan komunikasi interpersonal menggunakan instrumen yang ada pada buku panduan. (2) guru BK dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengembangkan produk yang serupa dengan buku panduan keterampilan komunikasi interpersonal yang ada. (3) Peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengadakan penelitian dengan variabel yang sama hendaknya melakukan uji efektifitas dan dapat mengembangkan produk dengan desain yang lebih menarik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262812

Actions (login required)

View Item View Item