Pengaruh metode kerja kelompok bebas dan kerja kelompok terbimbing terhadap peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam amata pelajaran biologi kelas II semester II SMU Assa'adah Bungah Gresik oleh Noer Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode kerja kelompok bebas dan kerja kelompok terbimbing terhadap peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam amata pelajaran biologi kelas II semester II SMU Assa'adah Bungah Gresik oleh Noer Rohmawati

Rohmawati, Noer (2010) Pengaruh metode kerja kelompok bebas dan kerja kelompok terbimbing terhadap peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam amata pelajaran biologi kelas II semester II SMU Assa'adah Bungah Gresik oleh Noer Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru adalah tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kaligambir 02 masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari kebanyakan siswa yang masih menggunakan cara-cara membaca yang menghambat untuk memahami bacaan. Pada umumnya siswa membaca dengan suara keras tidak fokus pada bacaan dan sering melihat gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan kemam-puan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kaligambir 02 Kabupaten Blitar (2) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kaligambir 02 Kabupaten Blitar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman ditekankan pada aspek pemahaman menemukan pikiran pokok tiap paragraf dan menjelaskan isi teks bacaaan dengan kalimat yang runtut. Serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kaligambir 02. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Hasil kemampuan membaca pemahaman pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa 26 3% dan pada siklus II naik menjadi 100%. Nilai proses belajar siswa pada siklus I sebesar 71 73% sedangkan pada siklus II sebesar 86 68%. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif STAD untuk mengatasi kesulitan belajar siswa khususnya pada aspek membaca pemahaman. Sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26279

Actions (login required)

View Item View Item