Hubungan teacher self efficacy dan resiliensi pada Guru Taman Kanak-Kanak selama pembelajaran daring di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo / Rafika Putri Vidya Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan teacher self efficacy dan resiliensi pada Guru Taman Kanak-Kanak selama pembelajaran daring di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo / Rafika Putri Vidya Rahmawati

Rahmawati, Rafika Putri Vidya (2022) Hubungan teacher self efficacy dan resiliensi pada Guru Taman Kanak-Kanak selama pembelajaran daring di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo / Rafika Putri Vidya Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru taman kanak-kanak memiliki peranan yang penting dalam membantu pertumbuhan serta perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Namun pada saat pandemi diterapkan pembelajaran daring dimana guru dan siswa tidak melakukan tatap muka dalam proses belajar sehingga guru dituntut untuk memiliki resilien yang baik demi berjalannya kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Beberapa studi menunjukkan bahwa efikasi diri menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi resiliensi pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat resiliensi pada guru taman kanak-kanak di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo 2) mengetahui tingkat efikasi diri pada guru taman kanak-kanak di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo 3) mengetahui hubungan efikasi diri terhadap resiliensi pada guru taman kanak-kanak di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden berjumlah 83 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh jumlah populasi dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan skala yaitu 14 Item Resilience Scale (RS-14) dan Teacher Self Efficacy Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebagian besar guru TK di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo memiliki tingkat resiliensi yang sedang 2) sebagian besar guru TK di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo memiliki tingkat teacher self efficacy yang sedang 3) terdapat hubungan yang positif antara teacher self efficacy dan resiliensi pada guru TK di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo (R 0 588 R2 0 346 p lt 0 05). Saran kepada guru yaitu 1) agar mengembangkan wawasan mengenai penyebab gejala dan langkah yang dapat diambil ketika mengalami perubahan dalam sistem pembelajaran 2) diharapkan mampu mengendalikan diri untuk yakin atas kemampuannya pada perubahan sistem pembelajaran. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah 1) memperluas populasi penelitian 2) menggunakan subjek lain yang relevan 3) menambah variabel penelitian lain berkaitan dengan resiliensi 4) mengkaji penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang lebih dominan dan berpengaruh besar pada variabel resiliensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262783

Actions (login required)

View Item View Item