Hubungan antara dukungan sosial dan hardiness pada siswa di era pembelajaran daring di SMAN 9 Malang / Rima Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara dukungan sosial dan hardiness pada siswa di era pembelajaran daring di SMAN 9 Malang / Rima Arianti

Arianti, Rima (2022) Hubungan antara dukungan sosial dan hardiness pada siswa di era pembelajaran daring di SMAN 9 Malang / Rima Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKS Arianti Rima. 2021. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Hardiness Pada Siswa Di Era Pembelajaran Daring Di SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva S.Psi. M.Si Kata Kunci Hardiness Dukungan Sosial Permasalahan pendidikan bisa terjadi di berbagai jenjang pendidikan mulai dari PAUD SD/MI SMP/MTS SMA/MA sampai perguruan tinggi. Semakin tinggi pendidikan yang dicapai semakin tinggi pula biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini terbukti dengan adanya permasalahan pendidikan disemua tingkatan sekolah. Dengan biaya pendidikan yang tinggi serta pengeluaran lainnya yang berhubungan dengan pendidikan disemua tingkatan sekolah. Biaya yang diperlukan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi apalagi jika masyarakat itu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Sehingga hal ini sangat menghambat dukungan yang diberikan dari orang tua kepada anak mereka untuk meneruskan sekolah dimasa saat ini. Metode yang digunanakn dalam penelitin ini adalah analisis deskriptif korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 responden. Instrumen pengukuran dalam penelitian ini berupa 53 aitem skala dukungan sosial dan 38 aitem skala hardiness yang masing-masing memiliki reliabilitas 0 672 (kategori sedang) dan 0 700 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan social yang diterima siswa SMAN9 Malang termasuk dalam kategori sedang dan tingkat hardiness siswa SMAN 9 Malang termasuk dalam kategori sedang. Terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan sosial dengan hardiness pada siswa di era pembelajaran daring Di SMAN 9 Malang serta dengan nilai korelasi sebesar 0 603. Saran yang bisa diberikan untuk semua elemen di SMAN 9 Malang adalah meningkatkan dukungan sosial nya guna memaksimalkan waktu dan kesempatan belajar yang ada sehingga dapat memkasimalkan dari hardiness agar belajar dan kesempatan mengembangkan diri melalui dukungan sosial yang diberikan sekolah teman guru maupun orang tua agar tetap berjalan dengan baik tanpa mengorbakan salah satu untuk ditekuni dan bagi peneliti selanjutnya adalah mengembangkan penelitian dengan melihat hubungan antar variabel yang masih masuk dalam kategori tinggi untuk dapat mengkaji dan menemukan variabel lain yang dapat meningkatkan kualitas penelitian mengenai hardiness siswa yang aktif dalam kegiatan daring di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262775

Actions (login required)

View Item View Item