Persepsi lansia terhadap peran caregiver sebagai prediktor dari loneliness / Cindy Ayu Anggela - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi lansia terhadap peran caregiver sebagai prediktor dari loneliness / Cindy Ayu Anggela

Anggela, Cindy Ayu (2022) Persepsi lansia terhadap peran caregiver sebagai prediktor dari loneliness / Cindy Ayu Anggela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang marak terjadi belakangan ini. Sering ditemukan anak atau keluarga yang menelantarkan lansia atau dititipkan di panti jompo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi lansia terhadap peran caregiver gambaran Loneliness dan sejauh mana pengaruhnya persepsi peran caregiver terhadap loneliness. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala persepsi peran caregiver dan skala Loneliness yang dikembangkan oleh Russel. Responden di dalam penelitian ini berjumlah 40 lansia yang terbagi di dua panti jompo. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui uji secara kuantitatif dengan metode statistik regresi linear sederhana. Validitas aitem skala persepsi peran caregiver mencapai 0 333 sampai dengan 0 733 reliabilitas (alpha cronbach) mencapai 0 842 dan aitem skala Loneliness mencapai 0 341 sampai dengan 0 889 reliabilitasnya mencapai 0 889. Dengan melihat hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0 510 yang artinya variabel persepsi peran caregiver memberikan pengaruh loneliness sebesar 51%. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh -6 704 0 871 X yang berarti bahwa nilai konstanta sebesar -6 704 dengan koefisien regresi 0 871 yang menyatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y bernilai negatif dengan nilai 0 001 lt 0 05. Disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi peran caregiver pada lansia maka akan semakin rendah loneliness yang dirasakan oleh lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 07:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262767

Actions (login required)

View Item View Item