Hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur di Kota Malang / Alifah Dellafrinida - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur di Kota Malang / Alifah Dellafrinida

Dellafrinida, Alifah (2022) Hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur di Kota Malang / Alifah Dellafrinida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur di Kota Malang. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur yang aktif menempuh pendidikan tinggi di Kota Malang. Subjek penelitian ini yaitu 155 mahasiswa Timur yang aktif menempuh perkuliahan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Malang. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua skala yakni skala self- compassion dan skala resiliensi. Skala self-compassion terdiri dari 20 butir aitem dikembangkan oleh Neff (2003) dan di adaptasi oleh Jelahu (2021) yakni Self- compassion Scale (SCS) dan skala resiliensi yang dikembangkan oleh Connor amp Davidson Resilience Scale (C-RISC) (2003) dan di adaptasi oleh Pariartha (2021) sebanyak 24 aitem. Analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman dan menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0 514 (p lt 0 05) dengan arah hubungan yang searah dan kategori kuat. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mahasiswa Timur yang menempuh pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262766

Actions (login required)

View Item View Item