Hubungan antara optimisme dan resiliensi pada Santri Penghafal Al-qur'an SMPQ Al-Ihsan Jakarta / Salsabila Zara Mahasin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara optimisme dan resiliensi pada Santri Penghafal Al-qur'an SMPQ Al-Ihsan Jakarta / Salsabila Zara Mahasin

Mahasin, Salsabila Zara (2022) Hubungan antara optimisme dan resiliensi pada Santri Penghafal Al-qur'an SMPQ Al-Ihsan Jakarta / Salsabila Zara Mahasin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menghafal Al-qur rsquo an dibutuhkan kemampuan untuk terus menghafal meski ditemukan hambatan yang terwujud dari resiliensi santri penghafal Al-qur rsquo an. Resiliensi dapat didukung dengan keyakinan positif yang terdapat dalam diri santri akan keberhasilan menghafal AL-qur rsquo an keyakinan yang positif berhubungan dengan optimisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model korelasional untuk meneliti hubungan antara resiliensi dan optimisme pada santri penghafal Al-qur rsquo an SMPQ Al-Ihsan Jakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 161 orang yang merupakan santri penghafal Al-qur rsquo an SMPQ Al-Ihsan Jakarta dengan rentang usia 12-16 tahun dan sedang menghafalkan Al-qur rsquo an dengan penggunaan Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling Incidental. pengukuran variabel menggunakan skala optimisme dengan aspek permanence pervasiveness dan personalization dengan reliabilitas instrumen sebesar 0 887. Sedangkan resiliensi diukur dengan The Adolescent Scale (ARS) dengan reliabilitas instrumen sebesar 0 881. Hasil penelitian menunjukkan tingkat resiliensi subjek penelitian yang berada pada kategori tinggi dan pada kategori optimisme didapatkan bahwa optimisme subjek penelitian berada pada kategori yang tinggi. Uji normalitas variabel penelitian dengan uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan distribusi normal pada kedua variabel. Dari hasil uji hipotesis dengan korelasi product-monent Pearson ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara optimisme dengan resiliensi pada santri penghafal Al-Qur rsquo an SMPQ Al-Ihsan Jakarta dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan koefisien korelasi sebesar 0 534.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262757

Actions (login required)

View Item View Item