Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif skincare pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Univeristas Negeri Malang / Aqmarina Nur Afra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif skincare pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Univeristas Negeri Malang / Aqmarina Nur Afra

Afra, Aqmarina Nur (2021) Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif skincare pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Univeristas Negeri Malang / Aqmarina Nur Afra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif skincare pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode korelasional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang berjumlah 211 mahasiswi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan taraf kesalahan yaitu 5% sehingga diperoleh sampel penelitian sejumlah 139. Instrumen pada penelitian ini adalah skala perilaku konsumtif berdasarkan teori perilaku konsumtif oleh Engel Blackwell dan Miniard (1994) dan skala gaya hidup hedonis berdasarkan teori gaya hidup hedonis oleh Peter amp Olson (2009). Validitas yang digunakan adalah validitas isi Aiken rsquo s V serta dilakukan uji indeks diskriminasi aitem menggunakan Pearson Product Moment dan Corrected Item Total. Reliabilitas pada penelitian ini menggunakan Alpha Cronbach. Analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini memberikan hasil yaitu (1) gaya hidup hedonis secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumtif. (2) mayoritas mahasiswi memiliki perilaku konsumtif rendah. (3) mayoritas mahasiswi memiliki gaya hidup hedonis sedang. Saran yang diberikan kepada mahasiswi yang memiliki gaya hidup hedonis tinggi yaitu dapat mengontrol penggunaan waktu dan uang yang dimiliki dalam berbelanja skincare. Saran bagi perusahaan skincare adalah melakukan survei kebutuhan konsumen untuk menentukan harga produk agar lebih diminati dan menjadi keuntungan. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperluas subjek dan menambahkan faktor psikologis yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262752

Actions (login required)

View Item View Item