Pengaruh urutan tingkat kesukaran butir soalbiologi terhadapskor tes siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Yatmisri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh urutan tingkat kesukaran butir soalbiologi terhadapskor tes siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Yatmisri

Yatmisiri (2010) Pengaruh urutan tingkat kesukaran butir soalbiologi terhadapskor tes siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Yatmisri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yahnisri. 2003. Penganth l lnttan T-ingkaKt e.wkaronR utir f tal Biologi l erhadap Skor lbs Siswa Kela.s II SML/ Inboralorium Llniversitas Negeri Malang l ahwta jaran 2002 2003S. kripsi J urusanB iologi Fakultas Matematikad an llmu PengetahuaAn lam UniversitasN egeriM alang. Pembirnbing(l ) Drs.S usefyoadSi etjo M .Pd ( II) Drs.T riastonoIm amP . M.Pd. Kata kunci urutant ingkatk esukaranb utir soal s kor tes siswa. Dalamp rosesb elajar-rnengajaerv aluasim emegangp erananp enting.H asil belajarp erlud ievaluasti mtukm engetahuai pakaht ujuanp engajarante rcapaai tau tidak.U ntukd apatm elakukane valuashi arusd ilakukanp engukuranle bih dahulu. Dalamp engukurand igunakante knik tes dan teknik non tes.S oalt esy angb aik dans udahm emenuhfi ungsinyaa dalaha pabilas oalt es tersebut idak terlalum udahd ant idak terlalus ukar.P enelitianin i bertujuanu ntuk mengetahuai dat idaknyap engaruhu rutant ingkatk esukaranb utir soalB iologi terhadaps kort es siswa kelasI I SMU LaboratoriumU niversitasN egeriM alang tahuna jaran2 002/2 003 dan urutan manakah yang paling baik dari ketiga urutan yang dipakai yaitu mudah - sukar. sukar- mudah dan mudah - sukar - mudah. Penelitiand ilakukand i SMU LaboratoriumU niversitasN egeriM alang padatanggal6s ampadi enganl 3 Juni 2003.M etodey ang digunakand alamp enelitiani ni adalahe ksperimentasle mud an analisish asil penelitiand ipakai analisisv arians atua rah( Uji F). lnstnrmena tau soaly ang digunakand alamp enelitian ini dibuat oleh peneliti dan guru bidang studi Biologi di SMU Laboratorium UniversitasN egeriM alang. Hasilp enelitianm enwrjukkana dap erbedaans igrrifrkans kor tesy ang diperoleho leht iap-tiapk elompokd alarnp enelitiany aitu kelompok I dengan susunans oalm udah- sukars korr ata-ratas ebesa2r 3 15909091k elompok2 dengan susunan soal sukar - mudah skor rata-rata sebesar 17 09302326 dan kelompok 3 dengan susunan soal mudah - sukar - mudah skor rata-rata sebesar 18 62790698B.e rdasarkanh asilt ersebudt an analisisd atam akad apatd isimpulkan bahwa ada penganrh urutan tingkat kesukaran butir soal Biologi terhadap skor tes siswak elasI I SMU L aboratoriumU niversitasN egeri Malang tahun ajaran 2N2D003. Uruan tingkat kesukaran butir soal Biologi yang baik adalah mudah - sut(ar. Berdasarkanh asil penelitian ini dapatd isarankana gar dilakukan penelitian lebih lanjut yaitu denganm enggunakans oal tes bentuk essaya tau tes subyektif denganp okok bahasany ang berbeda.D isarankanjuga waktu yang di- grurakan untukm engerjakatne sd apatd igrurakans ebagavi ariabelb arud alamp enelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26269

Actions (login required)

View Item View Item