Perbandingan hasil blajar biologi siswa kelas II SMP Negeri 3 Peterongan Jombang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model JIGSAW dan pembelajara konvensional oleh Sri Indah Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil blajar biologi siswa kelas II SMP Negeri 3 Peterongan Jombang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model JIGSAW dan pembelajara konvensional oleh Sri Indah Wahyuni

Wahyuni, Sri Indah (2010) Perbandingan hasil blajar biologi siswa kelas II SMP Negeri 3 Peterongan Jombang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model JIGSAW dan pembelajara konvensional oleh Sri Indah Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salatr satu masalah pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalahm asihr endahnyam utu guru yangj uga mengakibatkanr endahnyam utu pendidikan di lndonesia. Banyak kegiatan yang diadakan untuk meningkatkan mutu guru misalnyad eng anp elatihan s eminar d an penyuluhanA. kan tetapi kegiatan tersebut belum memunculkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Secarau mum m etodec eramahd alam pembelajaranB iologi masihd ianggap sebagami etodep embelajarany ang pahng sesuaid an layak untuk diterapkano leh guru. Akan tetapi padak enyataannyam etodei ni belum mampum emecahkan masalah yang ad4 seperti hasil belajar yang rendah dan ketidakaktifan siswa selama pembelajaran. Berdasarkanh asil observasi d i SMPN 3 Peterongan-Jombang pembelajaranBiologim asih menggunakanm etodec eramah.D enganm etodei ni ternyata kurang mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Hal ini dapat diketahui dari daftar nilai Biologi siswa kelas tr SMPN 3 Peterongan-Jombang yang hanya mencapai 6 4 - 7 00. Dari permasalahatne rsebutm aka dilalcukanp enelitiand engan menerapkanm etodep embelajaranb anr yaitu metodep embelajarank ooperatif model Jigsaw.P enelitiani ni bertujuanu nhrk mengetatruai pakaha dap erbedaan hasil belajarB iologi sisway ang diajar denganp embelajarank ooperatifm odel Jigsawd anp embelajarakno nvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (qaasi experimental)d enganm enggunakand esainp retesd an postest erhadapd ua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMPN 3 Peterongan-Jombansge dangkans ampelp enelitian adalahd ua kelasy angd iambil secaraa cak y aitu kelast r dengan4 2 siswa( kelompok eksperimen)d an kelas II-A dengan 42 siswa (kelompok konfol). Kelompok eksperimen diajar dengan pembelajarank ooperatifm odel Jigsaw s edangkank elompokk ontrol diajar denganp embelajarank onvensional. Berdasarkanp enghitunganu ji t diperoleht r it- e ) tuuu. yaitu 6 87 1 993 pada taraf sigrifikasi 5% yangberarti Hoditolak. Dengan demikian dapat disimpulkanb ahwaa dap erbedaanh asil belajar Biologi sisway ang diajar dengan pembelajarank ooperatifm odel Jigsawd an pembelajarank onvensional.. Berdasarkanr ata-ratapeningkatanh asil belajar dapatd ikatakanb ahwah asil belajar sisway angd iajar denganp embelajarank ooperatif model Jigsawl ebih tinggi dari padas isway ang diajar dengan pembelajarank onvensional y aitu 46 73 32 45.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26268

Actions (login required)

View Item View Item